nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menilik Nasionalisme di Perbatasan RI-Papua Nugini

Edy Siswanto, Jurnalis · Jum'at 17 Agustus 2018 14:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 17 340 1937921 menilik-nasionalisme-di-perbatasan-ri-papua-nugini-tdyKm7UzuN.jpg Upacara peringatan HUT RI di Lapangan Kampung Wonorejo, Keerom, Papua. (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

KEEROM – Tepat 73 tahun lalu pada 17 Agustus 1945, Indonesia mengikrarkan kemerdekaannya. Ir Soekarno membacakan teks proklamasi yang menjadi pertanda kemerdekaan bagi Indonesia.

Hari ini, Jumat, 17 Agustus 2018, masyarakat Indonesia di seantero Nusantara menggelar upacara untuk memperingati kemerdekaan dari penjajahan.

Itu termasuk dengan upacara di perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini, tepatnya di Kampung Wonorejo, Kampung Wembi, Kampung Ptewi, dan Kampung Wambes, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, yang menggelar upacara di Lapangan Kampung Wonorejo, Keerom.

Sekadar diketahui, wilayah ini hanya berjarak sekira 50-60 kilometer (km) untuk sampai ke Papua Nugini. Akses jalan ke perbatasan itu berupa jalan setapak, sehingga seolah jauh.

Upacara HUT Ke-73 RI dipimpin oleh Yohanna Waas, perwakilan pihak Bupati Keerom. Tim pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) berasal dari perwakilan siswa SD, SMP, dan SMA di wilayah sekitar.

Upacara di daerah perbatasan itu berlangsung denga khidmat. Cuaca yang bersahabat juga membuat peserta khidmat sehingga kokoh berdiri tegap hingga upacara selesai, termasuk puluhan siswa siswi SD yang turut serta.

Perangkat pengibar bendera baik tim 17, 8, dan 45 termasuk pembaca naskah UU 1945 adalah putra-putri asli Papua, yang berkolaborasi dengan seluruh suku di wilayah ini.

Teus Tabuni, pemuda setempat yang membacakan naskah UUD 1945, mengaku bangga dengan perayaan upacara bendera yang berlangsung dengan baik.

Teus Tabuni, pemuda asal Distrik Manem, Kabupaten Keerom, membacakan naskah UUD 1945 (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

"Karena baru kali ini terlibat dalam upacara bendera HUT Kemerdekaan. Saya sangat bersyukur semua berjalan baik. Dan selamat ulang tahun Indonesia," ucap Teus.

Senada dengan Teus, Kepala Distrik Menem, Adolof Borya, mengaku cukup bangga merayakan HUT RI di wilayah perbatasan.

"Ini adalah distrik terluar yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Ada rasa bangga yang luar biasa untuk perayaan kali ini," kata Adolof.

Melalui HUT RI, pihaknya meminta pemerintah lebih memperhatikan kembali seluruh infrastruktur perbatasan.

"Perbatasan adalah ujung tombak sekaligus penjaga kedaulatan, sehingga pemerintah harus melihat kondisi infrastruktur di sini. Kesehatan pendidikan, meski sudah memadai, namun harapan kami bisa lebih," ucapnya.

Yohanna Waas, Inspektur Upacara HUT RI, mengaku bangga diberikan tugas untuk menjadi inspektur upacara.

"Saya perempuan Papua dan diberikan kepercayaan oleh Bapak Bupati untuk memimpin upacara di sini. Saya pikir ini sangat bagus dan emansipasi wanita saat ini tidak bersekat lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Wambes, Anton Number, meminta kepada seluruh generasi muda Papua untuk lebih menghargai jasa pahlawan dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita sudah merdeka, jangan bermimpi untuk kemerdekaan semu yang lain itu. Ayo belajarlah yang baik, supaya kita bisa menjadi orang yang berguna," tegas dia.

Ia pun mengingatkan kepada mahasiswa Universitas Cenderawasih untuk tidak ikut kegiatan separatis. Karena itu, ia berharap mahasiswa memanfaatkan waktu belajarnya demi masa depan yang lebih baik.

(Baca Juga : Usai Upacara HUT Ke-73 RI, Halaman Luar Istana Berserakan Sampah)

"Kalian dibiayai orangtua kalian untuk belajar baik, untuk mengubah kehidupan keluarga ke arah yang lebih baik. Orangtua banting tulang untuk kalian, sehingga jangan ikut-ikut gerakan yang tidak betul itu," tegasnya.

Upacara HUT RI di wilayah ini selesai sekira pukul 11.00 WIT. Acara ditutup dengan pertunjukan seni oleh siswa SD.

(Baca Juga : Mesranya Jokowi-Iriana dalam Balutan Pakaian Adat Sebelum Upacara HUT Ke-73 RI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini