nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpora Akan Ajak Joni si Pemanjat Tiang Bendera Nonton Asian Games

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 17 Agustus 2018 22:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 17 340 1938076 menpora-akan-ajak-joni-si-pemanjat-tiang-bendera-nonton-asian-games-Nmun6xJy54.jpg Aksi patriotik memanjat tiang bendera. (Foto: Ist)

JAKARTA -‎ ‎Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menilai, Yohanes Gama Marchal Lau alias Joni, siswa SMP dari Belu, Atambua sebagai sosok pahlawan dalam perayaan kemerdekaan ke-73 Indonesia.

Pelajar yang disapa Joni itu melakukan aksi heroik dengan memanjat tiang bendera untuk membetulkan tali yang tersangkut saat upacara.

"Kalau ada yang bertanya siapa pahlawan hari ini? Saya katakan adalah Joni, yang berasal dari Kabupaten Belu, Atambua," ujar Imam di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Joni

"‎Ini tentu perjuangan yang sangat heroik, dia hanya ingin menyelamatkan merah putih. Bentuk perjuangan itu beda-beda, atlet berjuang di Asian Games, dia (Joni) ingin mengibarkan bendera merah putih secara nyata tanpa disuruh," tambahnya.

Imam mengaku akan mengundang Joni ke Jakarta untuk bertemu dan mengajaknya nonton salah satu cabang olahraga di Asian Games. Hal itu sebagai bentuk apresiasinya atas aksi patriotiknya dalam menyelamatkan kegiatan upacara bendera merah putih.

Foto: Ist

"Kita menghargai dan sebisa mungkin akan panggil Joni ke Jakarta, inilah sesungguhnya figur dan idola baru kita, ‎dia tidak ada rasa takutnya kecuali bendera merah putih diselamatkan dan bisa berkibar di perbatasan Atambua dan Timor Leste," paparnya.

Seperti diberitakan Okezone sebelumnya, insiden langka dalam upacara bendera terjadi di Atambua saat perayaan HUT kemerdekaan Indonesia ke-73. Joni nekad memanjat tiang bendera di tengah proses pengibaran bendera lantaran adanya insiden tali penggerek bendera tidak berfungsi.

Alhasil, aksi heroik tersebut viral di media sosial (medsos). Tiga pengibar bendera dalam upacara itu pun memilih mempertahankan posisi saat Joni memanjat tiang bendera.

Saat Joni mencapai pertengahan tiang, terlihat beberapa anggota TNI, pasukan pengibar, dan polisi mendekati tiang, lalu menahan agar tiang tersebut tak bergoyang.

Kemudian, Joni pun berhasil mencapai ujung tiang bendera lalu memperbaiki kait yang lepas di ujung tiang. Para undangan di upacara itu pun bertepuk tangan dan berdecak kagum dengan keberanian pelajar SMP tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini