Dua Atlet Legendaris Beberkan Kunci Jadi Juara

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 17 Agustus 2018 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 17 65 1938038 dua-atlet-legendaris-beberkan-kunci-jadi-juara-sSuewwtVIk.jpeg Foto: Kunci jadi pemenang atlet legendaris (Taufik/Okezone)

JAKARTA- Dua atlet legendaris Indonesia yaitu Taufik Hidayat dan Yayuk Basuki, membeberkan kunci agar atlet Indonesia menjadi juara saat berlaga. Untuk menang, keduanya mengatakan, seorang atlet harus memiliki kekuatan mental.

Mantan pemain tenis Yayuk Basuki mengatakan, agar memiliki mental kuat saat bertanding, hendaknya atlet  jangan melihat lawan. Sebaliknya, memahami kemampuan diri sendiri sehingga memiliki kesiapan prima dalam menghadapi pertandingan.  

"Kalau kita memikirkan lawan yang mempunyai unggulan, kita pasti akan down. Tapi kita harus memikirkan diri sendiri aaja, seperti kesiapan kita sudah bagus dan latihan yang terjaga. Dan jangan, pernah takut lihat lawannya yang terpenting itu percaya diri sendiri," ujar Yayuk Basuki di Stasiun Palmerah, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Sementara itu, atlet bulutangkis Taufik Hidayat menceritakan pengalamannya ketika berhasil meraih Juara I Olimpiade 2004. Kata Taufik, kuncinya adalah mental kuat. 

"Kemarin pas final Olimpiade 2004 saya cuma tidur tiga jam karena saya gundah, seperti gimana saya mainnya, terus saat pertandingan menang atau kalah, dan saya berpikir sekarang waktunya memberikan yang terbaik kapan lagi," tuturnya.

Taufik menjelaskan, pada saat pertandingan jangan memiliki rasa takut kepada lawan. Sebab, musuh berat justru berasal dari diri sendiri.

"Jadi, kita jangan mudah tidak percaya diri duluan, kalau itu terjadi jangan harap kita menang," pesan dia. 

Seperti diketahui, Taufik Hidayat sudah banyak mendapatkan gelar juara di cabang olahraga Bulu Tangkis, antara lain meraih medali emas di Asian Games tahun 1998, 2002, dan 2006. Dia juga pernah menjadi peraih medali emas di Olimpiade Athena tahun 2004, peraih medali emas di Sea Games tahun 1999 dan 2007.

Sementara itu, Yayuk Basuki yang merupakan legenda tenis Indonesia pernah meraih medali emas di Asian Games tahun 1986, 1990, dan 1998.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini