nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AS Akan Akhiri Pendanaan 'Stabilisasi Suriah'

Agregasi VOA, Jurnalis · Sabtu 18 Agustus 2018 09:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 18 18 1938190 as-akan-akhiri-pendanaan-stabilisasi-suriah-GE5LcUnpVm.png Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert (foto: US Department of State)

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mengakhiri pendanaan proyek-proyek stabilisasi Suriah dan bergerak untuk menarik diri dari konflik itu. Hal ini menyusul semakin banyaknya kontribusi dari mitra koalisi anti-ISIS.

Di depan Kongres, pada Jumat 17 Agustus 2018, Departemen Luar Negeri AS menyatakan, tidak akan mengeluarkan sekira 230 juta dolar yang selama ini direncanakan untuk program-program bagi Suriah dan akan mengalihkan dana itu ke bidang lain.

Sebagian besar uang yang semula dijanjikan mantan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson pada Februari lalu, ditahan dan sedang dikaji kembali, sejak Tillerson dipecat Maret lalu. Sebagian kecil dari jumlah itu dikeluarkan pada Juni 2018.

Jubir Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert (foto: Washington Examiner) 

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, diakhirinya dana itu telah disetujui Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan tidak termasuk dana bantuan kemanusiaan, akan diganti lebih banyak dengan tambahan 300 juta dolar yang dijanjikan mitra koalisi, termasuk 100 juta dolar yang diumumkan akan disumbangkan Arab Saudi, pada Kamis malam.

Nauert mengatakan, keputusan Pompeo mempertimbangkan keinginan Gedung Putih meningkatkan pembagian beban dengan sekutu. Dia menambahkan, nantinya dana itu akan dialihkan ke bidang lain.

"Untuk mendukung prioritas kebijakan penting luar negeri lainnya," ujar Nauert, yang bersama pejabat-pejabat lain menolak tudingan bahwa penghentian dana tersebut menunjukkan berkurangnya minat Amerika di Suriah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini