nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Padang Diguncang Gempa Dangkal, Warga Diminta Tenang

Rus Akbar, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 19:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 20 340 1939139 kota-padang-diguncang-gempa-dangkal-warga-diminta-tenang-iUqTCVsk16.jpg Ilustrasi

PADANG - Gempa bumi terus terjadi di wilayah Sumatera Barat, pada pukul 17.25 WIB wilayah Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan dikejutkan gempa. Hasil analisis BMKG gempa bumi terjadi dengan kekuatan 4,0 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 0.89 LS dan 100.22 BT, pada kedalaman 10 Kilometer atau 32 Tenggara Kota Pariaman.

“Dari laporan masyarakat gempa dirasakan II MMI di Kota Padang, I-II MMI di Pesisir Selatan,” kata Plt. Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, Fajar Dwi Prasetyo, Senin (20/8/2018)

Terkait dengan peristiwa gempa tersebut sampai pukul 18.00 WIB belum terjadi aktivitas gempa. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Menurut Fajar, gempa yang terjadi tersebut kalau dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut (sea floor faulting) yang terdapat antara Siberut dan Pantai Barat Sumatera Barat.

“Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu penyesaran mendatar. Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar bawah laut yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 10 km di daerah tersebut,” katanya.

Warga Kota Padang, ikut merasakan guncangan gempa yang terjadi pada pukul 17.25 WIB tersebut. “Tadi kami kira itu bumi gemuruh truk yang lewat tapi lama-lama kok peralatan rumah bergoyang, tadi baru kami sadar ternyata itu gempa bumi,” ujar Anita (45) warga Kampung Nias, Kota Padang pada Okezone.

Usai terjadi gempa di Padang, pada pukul 17.51 WIB gempa bumi ini terjadi di Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Propinsi Sumatera Utara dengan kekuatan 5,1 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,98 LU dan 97,35 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 kilometer arah barat Kota Gunung Sitoli dengan kedalaman 17 Kilometer.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini