nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadiah untuk Joni si Pahlawan Tiang Bendera, Beasiswa hingga Jajan Permen Rp25 Juta

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 14:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 20 65 1938943 hadiah-untuk-joni-si-pahlawan-tiang-bendera-beasiswa-hingga-jajan-permen-rp25-juta-ev0Bu3dmnH.JPG Foto: Instagram Hotman

JAKARTA – Yohanes Ande Kalla alias Joni, si pemanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT Ke-73 RI di Pantai Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengaku bukanlah hal sulit baginya dalam memanjat. Joni mengaku sudah terbiasa memanjat pohon yang ada di dekat rumahnya.

Meski lihai dalam memanjat, Joni mengaku tak berminat menjadi atlet panjang tebing. Ia lebih memilih menjadi atlet sepakbola ketimbang atlet panjang tebing. Ia bahkan mengaku tak mau menjadi atlet lantaran bercita-cita menjadi tentara.

Bocah Viral Pemanjat Tiang Bendera Duduk di Antara Menteri Kabinet Kerja 

Kisah Joni pun viral di media sosial dan banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Deretan hadiah sebagai apresiasinya didapatkan dari orang-orang penting di Indonesia. Okezone pun merangkum beberapa hadiah yang didapatkan Joni . Berikut hadiah yang di dapatkan Joni :

1. Hadiah dari PLN

Tergerak atas aksi heroik yang dilakukan Yohanes Gama Marchal Lau alias Joni, siswa SMP di Atambua, NTT, PLN Peduli memberikan bantuan beasiswa hingga jenjang pendidikan tinggi Strata 1(S1).

Bocah Viral Pemanjat Tiang Bendera Duduk di Antara Menteri Kabinet Kerja 

PLN Peduli merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang salah satunya memberi perhatian khusus pada bidang pendidikan. Sejak video Joni tersebut beredar, PLN segera mendatangi alamat rumah Joni dan bertemu kedua orangtuanya, yaitu Victorino Fahik Marschal dan Lorenca Gama, serta mengabarkan bahwa anaknya akan mendapatkan beasiswa pendidikan hingga kuliah S1. Kelak besar nanti, Joni bercita-cita menjadi seorang tentara.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengapresiasi tindakan Joni yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan cinta NKRI.

"Aksi Yohanes sangat nasionalis sekali. Kami salut dengan anak ini. Mulai saat ini Yohanes menjadi 'Putra PLN' dan akan mendapatkan beasiswa sampai dengan tingkat S1," ungkap Ali.

2. Hadiah dari Hotman Paris

Johannes Adekalla alias Joni menerima uang segepok senilai Rp50 juta dari pengacara tenar Hotman Paris Hutapea. Pemberian itu diberikan Hotman Paris di kedai kopi favoritnya di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (19/8/2018).

“Johannes pahlawan cilik NTT naik lamborghini dan terima hadiah dari Hotman paris dan dari Pengacara Duma (adik Hotman),” kata Hotman.

Joni sesaat telah tiba, diajak menumpangi mobil super mahal Lamborghini milik Hotman Paris. Namun, Joni tidak duduk di dalam kabin mobil, melainkan duduk di atap mobil. Pemberian uang karena aksi patriotik Joni yang memanjat tiang saat tali bendera putus.

 Hotman Paris: Pemanggilan Hary Tanoe Terkesan Dipaksakan

Hotman Paris dalam Instagramnya memang telah berjanji kepada Joni untuk memberikan uang jajan beli permen senilai Rp25 juta.

3. Hadiah dari Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak Joni menyaksikan pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Sabtu (18/08/2018) lalu.

Selain Joni, Imam Nahrawi juga akan mengajak kedua orangtua Joni, Victorino Fahik Marshal dan Lorensa Kama Victorino Fahik Marshal dan Lorensa Kama serta Dandim 1605 Belu Letkol Inf Putu Dwi dan Kapolres Belu AKBP C Tobing menonton pembukaan Asian Games 2018.

Bocah Viral Pemanjat Tiang Bendera Duduk di Antara Menteri Kabinet Kerja

4. Hadiah dari Mendikbud

Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan beasiswa sekolah kepada Joni. Beasiswa pendidikan itu sampai lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Ia mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Joni, dengan aksi nekatnya. Tindakan itu nekat yang positif. Sebab Joni telah melakukan tindakan patriotisme.

"Jadi, Joni akan diberikan beasiswa pendidikan sampai SMA dan kita juga berikan pakaian sekolah buat Joni. Dan ada laptop yang kita berikan,” ungkapnya

Terlihat, Joni merasa senang dengan pemberian beasiswa oleh Mendikbud Muhadjir Effendy.

1
2

Berita Terkait

beasiswa

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini