nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakar Sampah di Kebun, Kakek 84 Tahun Ini Jadi Tersangka Karhutla

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 22:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 23 340 1940554 bakar-sampah-di-kebun-kakek-84-tahun-ini-jadi-tersangka-karhutla-BzHF1qUcaP.jpeg Kebun yang dibakar Kakek Siswandi (Foto: Sigit/iNews)

KOTAWARINGIN BARAT - Seorang kakek berumur 84 tahun, Siswandi warga Jalan H.M. Idris Nomor 05 Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng jadi tersangka pembakaran lahan. Penetapan tersangka ini dilakukan penyidik Polres Kobar setelag melakukan pemeriksaan terhadap 6 orang saksi dan juga tersangka.

“Kasus kebakaran lahan terjadi pada Minggu, 19 Agustus 2018 sekitar pukul 12.00 WIB di Dusun Sei Sintuk RT 11 Desa Sei Kapitan Kecamatan Kumai. Di kebun milik tersangka,” ujar Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy ZS melalui Kasat Reskrim AKP Tri Wibowo kepada MNC Media, Kamis (23/8/2018).

Ia menjelaskan, penetapan tersangka terhadap sang kakek berdasarkan barang bukti dan keterangan dari 6 orang saksi yang melihat saat sang kakek membakar sampah di kebun miliknya.

“Berdasarkan keterangan para saksi tersangka melakukan kegiatan membakar sampah daun kering di kebun miliknya, yang kemudian dikarenakan angin kencang dan memasuki musim kemarau sehingga api merambat dan membesar ke kebun milik orang lain.

Barang bukti yang ditemukan di lokasi kebakaran lahan di antaranya, satu buah ranting pohon kayu yang telah terbakar, asbes pondok, ranting pohon karet yangg terbakar. “Saat ini TKP sudah dipasang police line dan spanduk police line. Tersangka terancam maksimal 15 tahun penjara,” jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini