nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag Berikan Beasiswa D3 untuk Danil si Bocah Pemanjat Tiang Bendera

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 24 Agustus 2018 18:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 24 65 1941003 mendag-berikan-beasiswa-d3-untuk-danil-si-bocah-pemanjat-tiang-bendera-2doKd0i5cf.jpg Danil Danuri Pemanjat Tiang Bendera di Kalimantan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartisto Lukita memberikan beasiswa full kepada Danil Danuri Tumanduk. Danil, si bocah asal Maratua, Berau Kalimantan Timur yang melakukan aksi heroik dengan memanjat tiang bendera saat upacara peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus yang lalu.

Danil diberikan beasiswa secara full hingga lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Saat ini, Danil merupakan siswa kelas 1 SMA Negeri 9 Berau.

Tak hanya itu, Danil juga mendapatkan beasiswa secara khusus dari Mendag untuk melanjutkan ke jenjang kuliah hingga Diploma 3 (D3) di Akademi Kemetrologian.

Akademi Kemetrologian merupakan salah satu sekolah tinggi Kementerian Perdagangan yang dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Sekolah tinggi min merupakan sekolah tinggi khusus untuk mengukur standar alat timbang.

"Setelah selesai masuk ke Perguruan Tinggi di Bawah Kementerian Perdagangan, Akademi Metrologi," ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Menurut Karyanto, beasiswa ini diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas aksi heroik dan nasionalisme dari Danil. Dengan beasiswa ini diharapkan, Danil bisa menggapai cita-citanya.

"Kan 17 Agustus upacara Bendera, Pak Menteri jadi Inspektur Upacara di sana. Kita bangga ada anak muda di daerah perbatasan yang heroik," ucapnya.

Sementara itu, Wakil bupati Berau, Agus Tantomo yang turut mendampingi Danil mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi tindakan Danil. Dia mengharapkan Danil dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda serta seluruh masyarakat Indonesia untuk memupuk semangat patriotisme dan cinta tanah air

"Kita hari mengirim pesan kepada masyarakat secara khusus bahwa semangat patriotisme sangat dihargai di negeri ini. Ini Daniel membuktikan bahwa tingkat heroiknya sangat dihargai dia mendapatkan beasiswa penuh. Saya mewakili pemerintah daerah mengucapkan terima kasih," jelasnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini