Hiu Paus Terdampar di Pantai Parangkusumo Bantul

Kuntadi, Koran SI · Senin 27 Agustus 2018 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 27 510 1941819 hiu-paus-terdampar-di-pantai-parangkusumo-bantul-FLaa9G17A6.jpg Hiu paus terdampar di Pantai Parangkusumo Bantul. (Foto: Ist)

BANTUL – Seekor hiu paus terdampar di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, DIY, pada Senin (27/8/2018) pagi. Hiu tdengan nama latin Rhincodon typus ini memiliki panjang 4 meter dan diperkirakan memiliki berat mencapai 1 ton.

"Saat ditemukan masih hidup, tetapi terus mati," jelas Ali Sutanto Komandan SAR Linmas Pantai Parangtritis, Bantul (27/8/2018).

Ikan ini diketahui terdampar sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu, hiu paus tersebut berada di tepi pantai. Diduga kondisinya sudah tidak kuat dan ikan ini terbawa ombak sampai di tepian. Saat ini ikan tersebut berada di tepian tidak jauh dari lokasi awal terdampar.

Hingga kini belum ada langkah dari warga untuk menangani ikan tersebut. Bangkai ikan masih dibiarkan teronggok di tepian pantai. Warga masih menunggu langkah dari dinas terkait dalam penanganan.

"Kita masih menunggu dari dinas penanganan mau bagaimana," ujar Ali.

(Foto: wisatago)

Kabar adanya hiu paus terdampar langsung tersebar cepat di masyarakat. Banyak yang berdatangan untuk menyaksikan sekaligus mengabadikan hiu itu menggunakan kamera handphone pribadinya. Lantaran cukup banyak yang berdatangan, Tim SAR minta warga dan pengunjung untuk berhati-hati.

"Kita minta pengunjung hati-hati karena ombak masih cukup besar," tandas Ali Sutanto.

Salah seorang pengunjung Arwanti mengaku penasaran untuk melihat hiu paus yang terdampar.

"Penasaran saja. Tadi dapat dari grup WA terus ke sini," jelasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini