nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Siswa SD di Karawang Keracunan Setelah Makan Permen Stik

Antara, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 20:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 27 525 1942219 puluhan-siswa-sd-di-karawang-keracunan-setelah-makan-permen-stik-5CmKkMliv7.jpg Ilustrasi.

KARAWANG - Puluhan pelajar Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami pusing, mual hingga muntah-muntah diduga keracunan setelah mengonsumi jajanan sejenis permen stik, Senin (27/8/2018).

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Karawang AKBP M Julian, mengatakan, anggotanya langsung datang ke lokasi untuk memeriksa kandungan permen, karena dikhawatirkan mengandung bahan adiktif sejenis narkoba.

Informasi yang berhasil dihimpun, permen stik yang mengakibatkan para pelajar mengalami pusing, mual dan muntah itu diperoleh dari tukang jajanan di kantin sekolah mereka. "Kami langsung merespons laporan dan memeriksa kandungan permen itu. Para siswa juga langsung dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan," kata dia.

Ilustrasi.

Ia mengatakan, sesuai dengan hasil pemeriksaan sementara, permen stik aneka buah itu tidak mengandung bahan-bahan narkoba yang berbahaya. Meski begitu, pihaknya tetap membawa sampel permen tersebut untuk diserahkan ke Labkesda dan Dinkes Karawang untuk diperiksakan ke BPOM.

"Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kandungan permen stik itu," katanya.

Julian mengimbau agar para orang tua dan guru mengawasi anak-anak untuk tidak membeli jajanan makanan atau minuman sembarangan. "Jadi alangkah lebih baiknya lagi, pelajar itu membawa bekal makanan atau minuman dari rumah. Saya kira itu lebih aman," katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini