nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakar Internasional Bahas "Robot Pembunuh" bagi Perang Masa Depan

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2018 18:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 28 18 1942562 pakar-internasional-bahas-robot-pembunuh-bagi-perang-masa-depan-N8JksvgfFh.jpg Foto: AFP.

JENEWA - Pakar dari sejumlah negara melangsungkan pertemuan untuk membahas cara-cara mendefinisikan dan mengatasi “killer robots” atau sistem senjata super canggih yang digunakan dalam perang pada masa depan.

Pertemuan selama sepekan yang dibuka pada Senin, 27 Agustus itu merupakan yang kedua yang dilangsungkan di kantor PBB di Jenewa tahun ini, yang dipusatkan pada isu sistem senjata canggih otonom yang mematikan dan menetapkan aturan penggunaannya.

Dalam teori, senjata canggih yang dikendalikan oleh komputer dan sepenuhnya otonom itu belum ada, ujar seorang pejabat PBB. Perdebatan itu masih dalam tahap awal dan masih soal definisi. Amerika menilai masih terlalu dini untuk menetapkan definisi sistem semacam itu, apalagi menetapkan aturan.

Sebagian kelompok aktivis terkenal mengatakan pemerintah dan militer seharusnya dicegah untuk mengembangkan sistem senjata semacam itu, karena telah menimbulkan kekhawatiran dan memicu munculnya beragam skenario mengerikan tentang penggunaannya.

Dalam pembukaan pertemuan pada Senin, Amnesti Internasional mendesak wakil negara-negara yang hadir untuk membuat larangan penggunaan sistem senjata canggih yang disebut “killer robots” ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini