nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Krisis Air Bersih, Warga Banjarnegara Gunakan Sungai Kotor

Elis Novit, Sindo TV · Selasa 28 Agustus 2018 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 28 512 1942631 krisis-air-bersih-warga-banjarnegara-gunakan-sungai-kotor-Srya4p5HA9.jpg Foto Istimewa

BANJARNEGARA - Bencana kekeringan terus melanda di sejumlah daerah di tanah air, di Banjarnegara, Jawa Tengah sedikitnya 5.000 Kepala Keluarga atau 17 ribu jiwa mengalami krisis air bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun tetapkan siaga bencana kekeringan.

Untuk mendapatkan air bersih warga yang mengalami kekurangan air kini memanfaatkan sungai yang kotor untuk mandi dan mencuci pakaian, sementara untuk kebutuhan air minum warga hanya mengandalkan droping bantuan air dari BPBD.

Meluasnya bencana kekeringan membuat BPBD Banjarnegara menetapkan siaga bencana kekeringan sejak bulan Agustus ini, droping dilakukan dengan 2 armada setiap hari untuk menjangkau antara 3 hingga 4 desa.

 keirngh

"Kami hingga saat ini kami terus melakukan pendataan jumlah desa yang alami kekeringan untuk pemberian bantuan droping, terus meluasnya dampak kekeringan Banjarnegara menetapkan siaga bencana kekeringan," kata Kasie Kedaruratan BPBD Banjarnegara, Agus, Selasa (28/8/2018).

Hujan yang tak turun selama tiga bulan terakhir membuat ratusan sumur warga di Banjarnegara kini mengering.

kering

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini