nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendidikan Selandia Terbaik di Dunia, seperti Apa Sih?

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Kamis 30 Agustus 2018 14:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 30 65 1943625 pendidikan-selandia-terbaik-di-dunia-seperti-apa-sih-mbcHNipRh3.jpg Diskusi Pendidikan Berkualitas Selandia Baru (Foto: Vanni/Okezone)

JAKARTA - Selandia Baru dikenal sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Memiliki jurusan dan program yang beragam melalui Education New Xealand (ENZ), negara ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar berkualitas tinggi.

Tak hanya itu, pentingnya penekanan pelatihan praktis, akan membuat para pelajar termasuk dari Indonesia lebih siap berkarier atau bahkan membangun bisnis mereka sendiri.

Asal tahu saja, pada bulan September 2017 lalu, sistem pendidikan di Selandia Baru menempati peringkat pertama di dunia. Hal tersebut diungkap oleh Economist Intelligence Unit di Worldwide Educating for the Future Index tahun 2017.

Future index ini mengukur sejauh mana sistem pendidikan yang membekali remaja usia 15-24 tahun dengan keterampilan yang akan mereka butuhkan di masa depan. Dari total 16 indikator pemeringkatan, Selandia Baru unggul dalam 15 di antaranya adalah kerangka kurikulum untuk keterampilan masa depan, efektivitas sistem implementasi kebijakan, pendidikan guru, konseling karir disekolah, kolaborasi antara universitas dan industri.

“Kemudian keanekaragaman budaya dan toleransi. hal tersebut semakin menegaskan alasan sistem pendidikan di selandia baru menjadi terunggul di dunia,” ungkap Market Manager Indonesia Education New Zealand Karmela Christy dalam acara Media Gathering Education New Zealand, di Senopati, Kamis (30/8/2018).

Untuk siap dalam dunia kerja masa depan, siswa perlu dibekali dengan keterampilan khusus seperti keterampilan interdisipliner, keterampilan kreatif dan analisa, keterampilan kewirausahaan, keterampilan kepemimpinan, keterampilan digital dan teknis, serta kesadaran akan kehidupan global dan pendidikan kewarganegaraan.

Karmela menambahkan, bahwa pendidikan di Selandia Baru memang mendukung para lulusannya mendapatkan kualifikasi yang diakui secara internasional dan keterampilan praktis untuk memperbaiki bisnis yang ada ataupun yang sudah ada.

Berhubungan dengan peluang karier, pemerintah Selandia Baru mengumumkan peraturan pendidikan internasional. “Pemberian visa kerja terbuka selama tiga tahun pasca-studi untuk mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana, yang nantinya akan meningkatkan peluang kerja mahasiswa internasional untuk bekerja setelah lulus dari kampus di New Zaeland,” ujarnya.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini