Zamzam #2019GantiPresiden, Gerindra: Seharusnya Kepentingan Politik Tak Dicampurkan dengan Ibadah

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 18:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 31 605 1944303 zamzam-2019gantipresiden-gerindra-seharusnya-kepentingan-politik-tak-dicampurkan-dengan-ibadah-3LsRuLFL2W.jpg Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani sangat menyayangkan adanya air zamzam berlabel #2019GantiPresiden yang dibagikan kepada jamaah haji. Ia menilai seharusnya kepentingan politik tak dicampuradukkan dalam bentuk ibadah.

“Menurut saya, ibadah haji itu kesucian, ketulusan, dan keikhlasan kita berhaji. Menurut saya biarlah itu menjadi kebaikan kepada Allah. Kalau dalam proses itu ada hasrat politik, menurut saya sebaiknya tidak dicampur adukan dalam bentuk seperti itu,” papar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Muzani berpendapat, adanya aktivitas pembagian air zamzam kemasan kepada jamaah yang bertuliskan #2019GantiPresiden bisa mengganggu keikhlasan seseorang dalam melaksanakan ibadah haji.

“Jadi hasrat semangat politik bisa dilupakan banyak ekspresi seperti ini dilakukan cukup mewakili banyak orang, tapi jangan ditumpahkan dalam arena dalam wilayah keibadahan,” terang dia.

 Air zamzam berlabel #2019gantipresiden. (Foto: Istimewa)

Sebagaimana diketahui, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dihebohkan tersebarnya foto-foto kemasan air zamzam yang bertulis #2019gantipresiden. Foto itu pun viral di Tanah Air lantaran terjadi saat jamaah sedang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Petugas PPIH pun langsung melakukan penelusuran dan mendalami siapa dalang di balik aksi tersebut. Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat mengatakan, berdasarkan info bidang pengawasan PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) bahwa air zamzam yang ditempeli stiker tagar diberikan ke jamaah haji furoda yang pulang melalui terminal Internasional Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

(Baca Juga : Air Zamzam #2019GantiPresiden, Fadli Zon Sebut Mungkin Ada yang Inisiatif)

Sementara, hasil temuan Kabid Pengawasan PIHK di PPIH Arab Saudi Mulyo Widodo, informasi didapat dari jamaah furoda yang ikut salah satu travel, bahwa zamzam itu memang sudah tertempel tulisan tagar 2019 ganti presiden, dan dibagikan ke haji nonkloter.

"Setelah tim mencari tahu dan dapat informasi dari jamaah. Jumlahnya secara valid kita tidak tahu berapa. Tapi kita telusuri memang ada (pembagian zamzam ke haji nonkloter)," kata Mulyo.

(Baca Juga : PPP: Ada Kampanye Terselubung di Air Zamzam Kemasan #2019GantiPresiden)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini