nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Sederhana Atasi Kangen Rumah di Awal Kuliah

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Sabtu 01 September 2018 16:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 01 65 1944605 cara-sederhana-atasi-kangen-rumah-di-awal-kuliah-eONXu3tcDO.jpg Foto: Aktifitas mahasiswa di kampus (Okezone)

JAKARTA – Kerinduan adalah hal yang tidak dapat dihindari terlebih bagi seorang mahasiswa baru yang akan merantau di kota lain. Nantinya mahasiwa baru akan pindah ke tempat baru dan meninggalkan keluarga dan teman-teman dekat.

Bagi beberapa mahasiswa yang belum pernah pergi jauh dari rumah, bahkan yang mungkin tidak pernah meninggalkan kampung halaman sebelumnya, hanya secara fisik pergi ke perguruan tinggi dapat menjadi masalah yang sangat besar. Berada di sebuah kota baru, negara yang berbeda, subkultur yang benar-benar unik dari negara lain, dan pasti membutuhkan penyesuaian dengan budaya tersebut.

Dan sering kali mahasiswa perantau mengalami yang namanya homesick atau kangen rumah, kesepian di kostan dan ingin cepat balik ke kampung halaman.

Hercampus.com, Minggu (1/9/2018) punya tips untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada tips mengatasi homesick bagi mahasiwa baru di awal kuliah:

Ketahui seluk beluk kota yang akan ditinggali

Tinggal di tempat baru dapat menjadi tantangan sendiri buat anak kost yang baru pertama kali datang ke kota tersebut. Cara terbaik yang harus dilakukan adalah mengunjungi kostan baru, kemudian kunjungi tempat-tempat yang baru disana, seperti tempat hang out untuk mengerjakan tugas bersama teman kuliah, tempat wisata dan liburan yang sesuai dengan kantong mahasiswa, pasar tradisional untuk belanja keperluan makanan, dan lainnya.

Penuhi jadwal agenda

Jangan diam dan nonton drama korea dan film-film sepanjang waktu! Meskipun mungkin tergoda untuk melamun di kamar dan rindu akan suasana di rumah. Cobalah keluar dan berbicara dengan seseorang yang baru di sekitar.

Kamu juga bisa mengikuti ekstrakulikuler dan organisasi. Nantinya kamu akan menjadi mahasiswa yang aktif di kampus, sehingga kamu tidak sedih dan melamun karena homesick. Karena kamu akan bertemu dengan teman-teman baru.

 

Jaga komunikasi

Cobalah untuk menjaga komunikasi kamu dengan keluarga dengan menelepon seminggu sekali diwaktu luang kamu. Dengan begitu kamu dapat membuat jarak dengan keluarga sehingga kamu tidak merasa kehilangan.

Mungkin ada beberapa mahasiswa yang sering menelepon keluarga hampir setiap hari, tetapi jangan terlalu sering, nantinya akan membuat keluarga kamu disana khawatir dan memikirkan kamu. Cobalah untuk fokus dengan kegiatan kampus selain keluarga.

Fokuslah untuk segala hal

Ketika homesick melanda diri sendiri rasa rindu pastinya akan berpikiran untuk segera pulang ke kampung halaman. Cobalah ingat tujuan kamu merantau di kota lain, untuk melanjutkan pendidikan tinggi bukanlah hal yang mudah, orangtua sudah membiayai kuliah dan kostan kamu, jadi kamu harus fokus dengan segala hal. Apabila rindu cobalah untuk melakukan aktifitas diluar.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini