nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UU Prancis yang Baru, Siswa Dilarang Gunakan Ponsel Pada Jam Sekolah

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 06:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 04 65 1946019 uu-prancis-yang-baru-siswa-dilarang-gunakan-ponsel-pada-jam-sekolah-yFwgEQrcm0.jpeg Foto: Pexels

JAKARTA – Kini, siswa sekolah di Prancis dengan usia bawah usia 15 tahun tidak dapat menggunakan ponsel selama hari sekolah. Aturan tersebut tertuang undang-undang nasional yang baru.

Melansir dari Businessinsider, larangan tersebut disahkan pada bulan Juli menyusul ikrar kampanye yang dibuat oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang nantinya akan mempengaruhi kegiatan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Undang-undang baru yang mulai berlaku pada 5 Agustus, melarang semua jenis ponsel, serta tablet dan jam pintar (smartwatch). Sementara larangan ponsel selama jam belajar sudah diberlakukan sejak 2010, undang-undang baru tersebut meluas ke waktu istirahat dan waktu makan.

 

Sekolah bebas menentukan sendiri, jika memang mereka akan menerapkan larangan tersebut untuk siswa di atas 15 tahun. Terdapat beberapa pengecualian untuk larangan tersebut, seperti untuk siswa penyandang cacat (difabel)

Undang-undang untuk Abad Ke 21

Di bawah undang-undang yang baru, siswa harus mematikan ponsel mereka di siang hari atau meletakkannya di loker.

Undang-undang itu digulirkan di tengah kekhawatiran para siswa yang kini menjadi ketergantungan dengan ponsel dan akan menganggu prestasi mereka nantinya.

 

Menteri Pendidikan Jean Michel Blanquer pada Juni lalu memuji undang-undang itu sebagai "Undang-Undang Untuk Abad ke 21" dan mengatakan akan meningkatkan disiplin di antara 12 juta siswa sekolah Prancis.

“Menjadi terbuka untuk teknologi masa depan, tidak berarti kita harus menerima semua penggunaannya,” ujar Jean.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini