nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Roadmap Mobil Listrik Sudah Siap di Kemenperin

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 05 September 2018 10:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 05 15 1946201 presiden-jokowi-roadmap-mobil-listrik-sudah-siap-di-kemenperin-ZPzG4KoNo6.jpg (Foto: Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya mimpi besar untuk Indonesia agar bisa mengembangkan dan membesarkan mobil listrik. Untuk itu, dia berharap investasi untuk mobil listrik bisa mengalir.

“Saya sangat mengapresiasi dan menghargai investasi PT Toyota Motor yang jumlahnya, dalam tiga tahun ini cukup besar Rp22,9 triliun. Ini besar, dan kami harapkan lagi (investasi) bergerak ke mobil listrik untuk jangkauan ke depan,” kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Dia menegaskan, pemerintah terus mempersiapkan tataran regulasi untuk menyambut era mobil listrik.

“Yang paling penting, roadmap menuju mobil listrik ini sudah siap di Kemneterian Perindustrian. Kita akan siapkan, masih dalam proses perpresnya (peraturan presiden),” kata dia.

Pemerintah, kata presiden, akan mendorong industri automotif untuk terus maju. Orientasi utama dari industri ini diarahkan untuk ekspor. Insentif pun tengah disiapkan untuk merangsang pelaku industri automotif agar lebih produktif.

“Artinya ada investasi yang masuk. Orientasi sektor automotif ini ekspor, ini yang akan kita dorong. Kita akan cari insentif tambahan sehingga ada gairah besar automotif ini untuk ekspor. Lalu dicari insentifnya,” tutur dia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini