nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Melantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Negara

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 05 September 2018 10:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 05 337 1946196 jokowi-melantik-9-gubernur-dan-wakil-gubernur-di-istana-negara-tBCOgG9FN5.jpeg Presiden Jokowi memimpin upacara pelantikan 9 gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara, Jakarta (Fakhrizal/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2018-2023 yang terpilih di Pilkada Serentak 2018. Upacara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan tersebut berlangsung sekira pukul 10.00 WIB. Sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur yang dilantik ini terlebih dahulu melakukan kirab budaya yang kerap digelar saat pelantikan kepala daerah.

Mereka berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Presiden Jokowi langsung mempin kirab dan diikuti oleh kesembilan pasangan kepala daerah ini yang diikuti Paspampres.

Pelantikan ini berdasarkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 152/p, hingga 154/p dan Keppres 156/p pertanggal 29 Agustus 2018. Kemudian Keppres dengan nomor 159/p sampai dengan Keppres nomor 162/p tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2018-2023.

Adapun pelantikan pasangan kepala daerah itu di antaranya Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Sudirman Sulaiman, dan Gubernur Sumatera Utara terpilih Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.

Kemudian Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Taj Yasin Maimoen.

Selanjutnya Gubernur Bali I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi.

Lalu Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Acara pelantikan lalu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan berdasarkan kepercayaan para gubernur dan wakil gubernur tersebut.

"Bersediakan saudara diambil sumpah berdasarkan menurut kepecayaan dan agama masing-masing?" kata Jokowi saat mengambil sumpah kesembilan pasangan kepala daerah itu.

"Bersedia," jawab mereka.

Kemudian Kepala Negara membimbing kesembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur mengambil sumpah jabatannya. selanjutnya, para gubernur dan wakil gubernur tersebut menandatangani berkas berita acara pengangkatan.

Setelah penandatangan berkas acara acara pelantikan ini dilanjutkan dengan mendengarkan lagi kebangsaan Indonesia Raya.

Para gubernur dan wakil gubernur yang telah sah dilantik itu pun kemudian mendapat ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para tamu undangan yang hadir di Istana Negara

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini