nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Fakta Pelaku Begal Mahasiswi Bandung: Sulit Diungkap, Menyesal hingga Ditembak Mati

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 10:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 06 525 1946761 9-fakta-pelaku-begal-mahasiswi-bandung-sulit-diungkap-menyesal-hingga-ditembak-mati-K5OLUppRhM.jpg (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Polisi menembak mati satu dari dua pelaku jambret dan begal yang menewaskan Shanda Puti Denata, 23, mahasiswi Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung, Jawa Barat.

Berikut sejumlah fakta-fakta dari peristiwa tersebut:

1. Jambret yang tewas ditembak adalah Aminatus Solihinin alias Ami, 23, warga Kota Bandung, sementara pelaku lainnya, Yonas Aditya, 25, warga Kabupaten Bandung, ditembak di bagian kaki kiri.

2. Korban yang bernaa Shanda merupakan mahasiswi jurusan Fashion Design angkatan 2013. Dia bersama temannya, Eva Aprilia, 23, dijambret di Jalan Cikapayang, Kota Bandung, 30 Agustus 2018. Saat itu Shanda dan rekannya mengendarai sepeda motor seusai makan di kawasan Cihampelas.

Di tempat kejadian, tiba-tiba keduanya dipepet oleh pelaku. Tas milik Shanda ditarik secara paksa. Shanda terjatuh hingga kepalanya membentur jalan. Dia mengalami luka serius di kepala kemudian dilarikan ke RS Borromeus hingga akhirnya meninggal dunia.

 

3. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, pengungkapan ini merupakan kerja keras tim gabungan. Minimnya saksi dan CCTV yang ada membuat kasus ini cukup sulit diungkap.

Menurut dia, kasus Shanda menjadi sorotan terhadap maraknya aksi jambret atau kejahatan jalanan di Bandung. Sejak kejadian pada Kamis, 30 Agustus 2018, polisi langsung bergerak melakukan penyelidikan, mulai dari olah tempat kejadian yang berada di Jalan Cikapayang, Pasupati Bandung, dan pemeriksaan saksi-saksi serta melakukan identifikasi CCTV.

4. Polisi berhasil mengidentifikasi pelaku dalam waktu kurang lebih sepekan. ”Saat akan dilakukan penggerebekan, keduanya melawan dan melarikan diri hingga melakukan penyerangan kepada anggota. Karena membahayakan, tim memberikan tindakan tegas dan terukur,” kata Agung saat ditemui di Kamar Jenazah RS Polri Sartika Asih, Bandung.

5. Pelaku Ami yang ditembak mati berperan sebagai eksekutor saat melakukan aksi jambret terhadap korban Shanda dan temannya, Eva, yang selamat dari maut. Sementara Yonas Aditya berperan sebagai joki yang mengemudikan motor saat beraksi. ”Motifnya murni hanya melakukan tindak kejahatan pencurian disertai kekerasan,” ungkap dia.

6. Belum diketahui apakah pelaku merupakan residivis atau bukan. Hal itu akan diungkap setelah polisi melakukan pengembangan terhadap pelaku.

7. Polisi berhasil mengamankan satu ponsel milik korban yang direbut paksa oleh pelaku dan satu sepeda motor saat beraksi.

8. Pelaku Yonas sempat mengutarakan penyesalannya telah berbuat kejahatan yang merenggut nyawa mahasiswi itu. ”Saya menyesal,” ujarnya.

9. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan, pihaknya masih menyelidiki apakah pelaku masuk jaringan terorganisasi atau tidak. Termasuk sudah berapa kali melakukan aksi pembegalan, masih terus diselidiki. ”Pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun atau seumur hidup,” katanya.

1
2

Berita Terkait

Begal Motor

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini