nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2.274 Orang Terpapar HIV/AIDS di Jateng, Penularan Didominasi Hubungan Seks

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 23:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 07 512 1947664 2-274-orang-terpapar-hiv-aids-di-jateng-penularan-didominasi-hubungan-seks-dimyYWxGhX.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

SEMARANG – Hubungan seksual mendominasi penyebab penularan HIV/AIDS di Jawa Tengah. Tercatat hingga Juni angka HIV/AIDS di Jateng tahun ini mencapai 2.274 kasus, yang 95 persen risiko penularannya melalui hubungan seksual.

Secara kumulatif, HIV/AIDS di Jawa Tengah mulai 1993 hingga Juni 2018 dilaporkan ada sebanyak 23.603 kasus. Sebanyak 13.035 kasus di antaranya HIV, selebihnya 10.568 kasus adalah AIDS. Dari jumlah itu, 1.672 orang meninggal akibat penyakit ini.

 Ilustrasi

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jateng, Zaenal Arifin mengungkapkan, HIV/AIDS merupakan fenomena dunia modern. Masih adanya stigma buruk pada penderita HIV/AIDS menjadikan mereka enggan melapor atau memerisakan kesehatannya ke rumah sakit.

"Stigma selalu hadir dalam isu narkoba, seks bebas, dan homoseksual di mana kerap dilekatkan pada penderita epidemi ini. Kasus HIV/AIDS di Indonesia bagaikan fenomena gunung es, jumlah penderita yang melapor hanyalah sebagian kecil dari kasus sesungguhnya terjadi," ungkapnya, Jumat (7/9/2018).

Pemerintah terus berupaya melakukan program penanggulangan HIV/AIDS dengan 3 Zero, yaitu tidak ada penularan baru HIV, tidak ada kasus kematian karena AIDS, dan tidak ada stigma dan diskriminasi. Untuk itu, peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk berperan aktif menekan angka penularannya.

"Sebagai upaya pencegahan HIV dan AIDS untuk melakukan perubahan dibutuhkan keterlibatan aktif penggerak masyarakat secara luas, sehingga dapat memobilisasi masyarakat dan komunitas," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini