nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Daftar Pemburu Karyawan Terbaik

Agregasi Senin 10 September 2018 09:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 07 65 1947599 ini-daftar-pemburu-karyawan-terbaik-YIMGbolLeO.jpg Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Layanan yang kini mulai ramai digunakan oleh para perusahaan-perusahaan di Indonesia, Headhunter menjadi jalan pintas terbaik bagi mereka yang ingin mendapatkan kandidat terbaik untuk posisi yang diharapkan. Sebelum mengulik lebih dalam terkait Daftar Headhunter Terbaik di Indonesia, yuk kita pahami dulu apa itu Head Hunter.

Headhunter adalah sebuah perusahaan, lembaga, organisasi atau perorangan yang mencari, memilih dan menempatkan orang berkualifikasi atau professional di suatu posisi dalam perusahaan.

Headhunter adalah rekruter yang mencarikan talenta terbaik untuk mengisi lowongan khusus di perusahaan-perusahaan dalam posisi tertentu.

Headhunter bisa diartikan juga sebagai jasa pencarian eksekutif, manager bahkan tenaga kerja di segmen tertentu yang biasanya berada apada tingkatan manajemen menengah hingga level senior / expert. Karena perannya untuk mencarikan kandidat terbaik bagi para klien, perusahaan Head hunter memiliki ciri-ciri tertentu yang melihatkan bahwa mereka dapat dipercaya dan diandalkan dalam mencari seorang top professional atau senior executive. Berikut ciri-ciri Headhunter terpercaya :

Memiliki rekam jejak yang bagus terkait pencapaian dan banyak direkomendasikan oleh perusahaan-perusahaan.Memiliki portfolio klien dan dapat menceritakan berbagai kasus dalam rekrutmen tenaga kerja di berbagai segmen pasar.

Wawasan yang luas terkait model bisnis di berbagai industri yang pernah di handle. Networking yang luas atau dalam artian memiliki database kandidat yang telah bergabung.

Memiliki official website dan akun-akun di media sosial lainnya sebagai penghubung selain kantor pusat ataupun cabang. Headhunter tidak akan menawarkan layanan “pelicin” ataupun meminta sejumlah uang tertentu dengan janji bahwa kandidat akan lolos dan diterima kerja di perusahaan tertentu.

Karena tanggung jawabnya yang besar untuk menemukan dan merekomendasikan kandidat dengan keahlian spesifik seperti manager, chief, head office atau posisi lainnya di perusahaan, tidak heran jika perusahaan headhunter di Indonesia masih terbilang sedikit. Dan kebanyakan yang memberikan layanan Headhunter di Indonesia sendiri adalah perusahaan yang berdiri dan berkembang dari Luar Negeri seperti contohnya Kelly Services, Boyden, Michael Page, JAC Recruitment, RGF HR Agent dan Robert Walters.

Bagaimana Cara Kerja Headhunter?

Setelah mendapatkan permintaan kandidat dari klien, sebelum menetapkan kandidat yang dipilihnya, perusahaan Headhunter akan mencari informasi sedalam mungkin terkait kualifikasi kandidat dari perusahaan klien terutama posisi pekerjaan hingga kebutuhan skill khusus yang diharapkan. Semua persiapan tersebut dilakukan demi menempatkan orang yang tepat agar perusahaan milik klien mendapatkan lebih banyak keuntungan setelah kandidat yang direkomendasikan mulai bekerja disana. Karena memang tujuan dari penggunaan jasa headhunter sendiri adalah untuk menemukan kandidat yang benar-benar cocok dan dapat mengarahkan perusahaan pada pertumbuhan keuntungan

Apa Perbedaan Head Hunter dan OutSourcing?

Jika Anda pernah mendengan istilah outsourcing tentu akan menjadi pertanyaan apa beda antara headhunter dan outsourcing? Meskipun sama-sama bergerak di area rekrutmen, perbedaan yang terlihat jelas antara kedua jasa ini adalah outsourcing akan melakukan kontrak kerja dengan kandidat, sehingga pegawai / karyawan / tenaga kerja akan dibayar oleh perusahaan outsourcing namun bekerja di perusahaan lain. Dalam artian lain adalah kandidat outsourcing dipekerjakan di perusahaan lain namun menjadi tanggung jawab perusahaan outsourcing tersebut. Sedangkan jika menggunakan jasa headhunter, perusahaan head hunter akan menerima pesanan kandidat dari perusahaan klien kemudian mencarikan kandidat yang tepat dan profesional untuk menempati suatu posisi pekerjaan di perusahaan milik klien. Ketika headhunter berhasil merekrut seseorang untuk mengisi lowongan kerja khusus yang dibutuhkan perusahaan klien, dari situlah headhunter mendapatkan keuntungan yang akan dibayarkan oleh perusahaan client sesuai dengan kontrak yang telah disepakati di awal negosiasi dan ditandatangani bersama.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini