nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Akan Kembalikan Dana 1MDB Sebesar Rp164 M Pada Malaysia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 10 September 2018 15:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 18 1948563 singapura-akan-kembalikan-dana-1mdb-sebesar-rp164-m-pada-malaysia-8fRNE8Yu1T.jpg Foto: Reuters.

KUALA LUMPUR – Pengadilan Singapura memerintahkan pengembalian dana sebesar 15,3 juta dolar Singapura (sekira Rp164 miliar) kepada Malaysia yang merupakan sebagian kecil dari jumlah total yang disita di negara kota itu sebagai bagian dari penyelidikan transaksi terkait skandal korupsi 1MDB.

Singapura adalah satu di antara setidaknya enam negara yang menyelidiki klaim mengenai dana sebesar USD4,5 miliar yang diselewengkan dari 1 Malaysia Development Berhad (1MDB), perusahaan investasi yang didirikan oleh mantan Perdana Menteri Najib Razak.

BACA JUGA: KPK Malaysia Tahan Mantan PM Najib Razak Terkait Kasus 1MDB

Diwartakan Reuters, Senin (10/9/2018), pada 2016, Singapura mengatakan bahwa mereka telah menyita sekira 240 juta dolar Singapura dalam bentuk uang tunai dan properti sebagai hasil dari penyelidikan terkait dana 1MDB yang mengalir melalui Singapura.

Pemerintah Malaysia dan Singapura telah setuju bekerja sama untuk mengembalikan dana tersebut kepada Pemerintah Malaysia dan perintah pengadilan menjadi langkah pertama pengembalian dana tersebut.

Firma Hukum Tan, Rajah dan Cheah yang berbasis di Singapura dalam sebuah pernyataan mengatakan, uang itu diperoleh kembali dalam berbagai mata uang dari 1MDB dan anak perusahaan sebelumnya, SRC International.Dana tersebut akan ditransfer ke rekening khusus pengembalian 1MDB di Kuala Lumpur.

BACA JUGA: Kapal Seharga Rp3,5 Triliun Terkait Suap 1MDB yang Disita di Indonesia Akan Dilelang

“Upaya untuk memulihkan aset lainnya yang disalahgunakan secara tidak sah sedang berlangsung,” kata firma hukum tersebut.

Singapura telah mengambil tindakan terhadap beberapa bank dan pejabat bank karena melanggar kontrol pencucian uang atas transaksi yang terkait dengan 1MDB, termasuk penutupan unit BSI Bank dan Falcon Bank.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini