nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Tarif Juru Khitan Akibatkan Ujung Kemaluan Bocah di Pekalongan Terpotong

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 10 September 2018 19:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 10 512 1948728 ini-tarif-juru-khitan-akibatkan-ujung-kemaluan-bocah-di-pekalongan-terpotong-XG51tq425B.jpg Foto: Istimewa

PEKALONGAN - B (70), warga Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah harus mendekam di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku diduga melakukan malapraktik saat mengkhitan seorang bocah hingga ujung kemaluannya ikut terpotong.

“Dia tidak buka praktik namun warga sekitar tahu bahwa dia bisa melakukan khitan jadi sering dipanggil dalam khitanan massal, diundang ke rumah, dan sering mendatangi rumah orang khitan. Jadi kalau datang sendiri ongkosnya Rp250.000 kalau diundang Rp300.000,” kata Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, Senin (10/9/2018).

Meski masyhur menjadi juru khitan selama belasan tahun, pelaku tidak memiliki izin resmi dari lembaga terkait. Pelaku sebelumnya tercatat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Puskesmas Doro, hingga pensiun pada 2003. Dulunya, dia menempuh pendidikan perawat setingkat SMP, namun tidak mengantongi surat tanda registrasi (STR) sebagai perawat.

Ilustrasi.

“Dia zaman dulu sekolah perawat setingkat SMP, tapi dia tidak mempunyai STR. STR ini surat tanda registrasi jadi kalau mau daftar perawat harus memiliki STR. Dia juga tidak praktik, tidak pasang papan praktik di rumah, namun faktanya dia menerima panggilan khitan, sunatan massal juga dipanggil oleh warga sekitar,” terangnya.

Setelah pensiun, dia kemudian dikenal sebagai juru khitan dengan menggunakan teknologi baru berupa alat laser. Metode tersebut ternyata cukup ampuh menarik perhatian warga, karena pasien tak kehilangan banyak darah dan proses penyembuhan dianggap lebih cepat.

“Sejak 2003 dia pensiun sampai sekarang (jadi juru khitan). Dia sudah terkenal di kampung-kampung. Dari awal pakai laser, yang ada hanya alat itu (disita polisi). Terkenalnya kalau laser tidak ada darahnya, kan kering. Menurut dia karena pakai laser paling laris karena tidak ada darahnya,” pungkas dia.

(qlh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini