Pendaftaran #2019PrabowoPresiden Pakai Siasat, Fadli Zon: Kemenkumham Tak Bisa Menolak!

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 10 September 2018 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 10 605 1948641 pendaftaran-2019prabowopresiden-pakai-siasat-fadli-zon-kemenkumham-tak-bisa-menolak-TOMVlowx7C.jpg Waketum Gerindra Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menilai didaftarkannya tagar 2019PrabowoPresiden di Kemenkumham melalui proses yang agak nakal. Sebab, penulisannya dengan menggunakan spasi, yakni menjadi #2019PrabowoPre siden.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menanggapinya dengan menyebut Kemenkumham tak bisa menolak tagar yang sudah didaftarkan tersebut.

“Kan itu sudah keluar ininya apanya surat badan hukumnya, apa lagi. Jadi, tidak bisa Kemenkumham itu menolak,” papar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/9/2018).

 Deklarasi 2019PrabowoPresiden

Fadli memandang, gerakan tagar tersebut seharusnya sah-sah saja. Di mana, terdapat orang berkumpul kemudian mengajukan badan hukum dan sudah keluar suratnya.

“Saya kira sah-sah saja tentu bagus yah dengan demikian ada aturan yang jelas, ada badan hukum, aparat keamanan harus juga melindungi tidak boleh diskriminasi,” tegas Fadli.

Menurutnya, prosedur yang dilakukan sudah tepat dan juga merupakan bagian dari masyarakat. “Berserikat dan berkumpul menyatakan pendapat baik lisan maupun tulisan itu bunyi konstitusinya,” tandasnya.

 Prabowo Subianto

Sebelumnya, Yassona menjelaskan, notaris yang mendaftarkan perkumpulan tersebut agak nakal. Sebab, telah disiasati dengan mendaftarkan perkumpulan tagar Prabowo Presiden dengan mensiasati frasa Presiden menggunakan spasi.

"Untuk menyiasati sistem, dibuat spasi antara kata Presi dan den. Jadi yang terdaftar adalah tagar2019PrabowoPresi spasi den (#2019PrabowoPresi den)?" paparnya.

"Jadi, perlu saya tegaskan Kalau ada #2019PrabowoPresiden (tanpa spasi) itu penyiasatan dan melanggar undang-undang," tambahnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini