nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awal Kuliah Bikin Stres, 9 Panduan Ini Bikin Mahasiwa Tak Tergilas Waktu

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 07:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 10 65 1948630 awal-kuliah-bikin-stres-9-panduan-ini-bikin-mahasiwa-tak-tergilas-waktu-kxW6FrSHZa.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi akan menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa baru (maba). Pasalnya, dunia putih abu-abu dan dunia kampus sangat berbeda. Di bangku kuliah, maba dituntut mandiri mengatur waktu kuliah.

Waktu masa SMA mungkin mengatur waktu akan lebih terorganisir dan terstruktur dengan adanya jadwal yang pasti. Misalnya, jadwal mata pelajaran yang sudah disiapkan oleh guru. Tapi situasi tersebut mungkin tidak akan kamu temukan lagi. Nantinya, kamu juga akan mendapat tugas kuliah dan mungkin aktivitas kegiatan kampus. Jika tidak jeli mengatur waktu, tentunya semua tanggung jawab tersebut akan menjadi beban yang berat.

Melansir Huffingtonpost, Selasa (11/9/2018), hal-hal berikut ini akan membantu kamu mengelola waktu untuk menyesuaikan diri dengan kesibukan organisasi dan jadwal kuliah di kampus, sehingga kamu menjadi orang yang sukses.

1. Tidak Menyerah

Ini merupakan hal yang pasti untuk mengelola waktu sebagai seorang mahasiswa yang memiliki segudang aktifitas. Dengan kegigihan diri sendiri untuk tidak menyerah dalam hal apapun pastinya kamu memiliki waktu luang yang bebas.

Memiliki rasa pantang menyerang selalu menjadi motivasi seorang mahasiswa untuk berhasil. Hal tersebut akan menjadi dirimu kuat untuk menghadapi kesulitan, selalu berpikir optimis dalam mengatasi masalah yang terjadi.

Berlatihlah untuk berpikir optimis walaupun sedang dalam hal yang sulit. Komitmen kamu untuk menjadi pribadi yang pantang menyerah akan membantu mengatasi masalah lainnya yang tidak mudah diatasi.

2. Catat Tanggalnya di Kalender Ponsel

Di zaman yang modern seperti sekarang banyak cara untuk mengingatkan jadwal kamu, misalnya dengan menentukan tanggal kalender di ponsel mu dan catat hal apa saja yang harus dilakukan. Hal ini akan menjadi penyelamat yang dijanjikan jika kamu menggunakannya secara konsisten.

Hal tersebut memudahkan kamu untuk mengelola waktu sehingga tidak perlu mencatat di pikiranmu yang sudah penuh dengan pikiran lain. Kemudian catat juga kegiatan sehari-hari kamu supaya tidak kewalahan mengelola waktu sehabis kuliah dan organisasi kampus.

3. Bikin Post It

Gunakanlah post it untuk mencatat hal yang akan kamu lakukan, kemudian kamu bisa tempel didinding dekat meja belajarmu atau di agenda mu. Membuat daftar kegiatan dengan warna-warna post it yang beragam akan memuaskan diri sendiri untuk melihatnya.

4. Tetap Menjalankan Rutinitas 

Di sela-sela kesibukan berorganisasi pasti memiliki rasa capek yang berlebihan sehigga membuat kita malas untuk melanjutkan kelas kuliah. Hal tersebut harus di hindari, karena akan menunda pekerjaan kuliah nantinya.

Mengatur waktu sangatlah penting apabila kita sedang dalam banyak kesibukan. Sebisa mungkin ingatkan di kalender ponselmu untuk menghadiri kelas kuliah. Semakin diri kamu konsisten pastinya kamu akan menjadi pribadi yang produktif.

(Feb)

5. Kenalilah Dirimu Sendiri

Semakin banyak kamu tahu tentang diri kamu, semakin baik pula kamu akan beradaptasi dengan tantangan yang ada di kehidupan kampus. Kamu harus memperhatikan pikiran, emosi, dan berbagai etika di mana kamu mengelola tanggung jawab dan kamu akan menjadi orang yang berkompeten dan percaya diri dalam tantangan yang ada.

Kemudian kelolalah waktu mu untuk hal yang positif dari pada membuang waktu untuk hal lain. Aturlah jadwal organisasi dan jadwal kuliah supaya tidak bentrok dan pikirkan mana yang mesti didahulukan.

6. Buat Agenda

Membuat agenda atau jadwal yang tertulis akan meningkatkan kesadaran tentang apa yang kamu lakukan sehingga kamu tidak mudah lupa, selain mencatat di kalender ponsel mu.

7. Minta Pendapat dari Orang Terdekat

Jika kamu sudah terlalu banyak aktifitas organisasi sehingga membuat nilaimu turun, kamu pasti akan merasa stress dan putus asa. Coba minta pendapat sahabat atau orangtuamu tentang aktifitasmu selama ini. Mintalah pendapat yang jujur mengelola waktu yang baik terlebih kamu masih menjadi mahasiswa.

Hal ini akan membuka mata kamu dalam menghadapi situasi dan memungkinkan untuk melakukan perubahan ke arah positif.

8. Belajar dari Kesalahan

Gunakan kesalahan kamu sebagai kesempatan untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

'Kegagalan' dapat menjadi hal terbesar untuk menerapkan perubahan jika di perhatikan. Cari tahu apa yang salah, di mana dan bagaimana dan kemudian kamu akan tahu apa yang harus dilakukan dengan berbeda di lain waktu.

9. Tambahan Tips untuk Mengelola Waktu

1. Prioritaskan daftar yang harus dilakukan. Pastikan kamu tidak menempatkan tugas yang paling sulit di bagian bawah.

2. Tetapkan harapan yang realistis. Atur jadwal kamu sesuai dengan waktu penyelesaian tepat waktu.

3. Hindari menunda-nunda pekerjaan. Berilah hadiah untuk diri kamu sendiri setelah melakukan hal yang sesuai target karena hal itu mendorong untuk cepat menyelesaikan tugas.

4. Hindari multi-tasking, penelitian membuktikan hal itu benar-benar menurunkan produktivitas.

5. Jaga kesehatan. Jadwalkan saat istirahat, relaksasi, dan bersenang-senang. Tidak selalu harus bekerja, ajaklah dirikamu untuk sejenak beristirahat.

6. Hindari gangguan sementara, singkirkan telepon, matikan tv, dan tutup pintu ruanganmu.

7. Nikmatilah waktu dirimu sendiri. Ajaklah diri kamu untuk makan makanan yang enak supaya tidak stress.

8. Atur pola tidur, apabila ada hari yang sangat sibuk cobalah untuk menambahkan waktu tidur satu atau dua jam.

9. Mintalah bantuan dari siapapun untuk mengingatkan waktu mu supaya tidak berlebihan dalam menjalankan aktifitas.

(Feb)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini