nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Kenyataan Usai Lulus Kuliah, Nomor 8 Ajarkan Hidup Realistis

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 09:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 65 1948703 10-kenyataan-usai-lulus-kuliah-nomor-8-ajarkan-hidup-realistis-sbXpukWG7m.jpg Ilustrasi Pendidikan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Kehidupan setelah lulus dari kampus membuat kita merasakan ketatnya persaingan mencari kerja. Oleh karena itu, banyak anggapan bahwa kehidupan kampus lebih menyenangkan ketimbang setelah lulus kuliah.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu ketahui ketika menjadi alumni seperti dilansir dari Hufingtonpost.com, Senin (10/9/2018).

1. Merindukan Hari-Hari Kuliah

Bagi kamu yang aktif di kampus, pasti akan merasa sangat rindu dengan kehidupan kampus setelah menjadi alumni.

Dahulu kamu sering melepas penat kuliah dengan sharing bersama teman-teman organisasi atau sahabat menceritakan suasana hati, senior-senior hits, kesulitan belajar dengan dosen dan beberapa momen terbaik dalam hidup selama di kampus. Hal itu pasti yang sering kamu ingat dan rasanya mau balik ke kampus.

2. Gelar Sarjana Tidak Menjamin Pekerjaan Impian

Eitss, jangan salah paham dahulu. Kamu mungkin sangat yakin dengan nilai pendidikan kamu yang tinggi sehingga kamu berpikir akan bekerja sesuai jurusanmu. Tetapi ketika takdir berkata lain, kamu malah mendapatkan kerja yang berbeda latar belakang dari jurusanmu.

Seharusnya diri kamu sudah menetukan awal karier ketika di awal kuliah hingga mendapatkan gelar, hal tersebut berarti kamu berada di jalan yang lurus dan tidak berbelok-belok. Mungkin ketika kamu menerima pekerjaan yang berbeda dari latar belakangmu hal ini suatu rezeki dari yang di atas, cobalah untuk berkarier semaksimal mungkin di tempat yang baru, kemudian setelah itu daftarkan diri yang sesuai dengan latar belakang kamu.

3. Kehidupan Orang Dewasa Itu Mahal

Orang dewasa pasti selalu berpikiran bagaimana mengatur pengeluaran dan pemasukan setiap menerima gaji. Karena menurutnya mengatur keuangan seorang diri sangatlah sulit, terkadang melakukan aktifitas seperti biasanya membuat diri sendiri tidak sadar bahwa isi dompet berkurang.

Kebebasan hidup orang dewasa datang dengan harga yang lumayan mahal dengan penghasilan yang cukup. Jadi manfaatkanlah dengan baik dan bijak.

4. Teman Akan Datang dan Pergi

Setiap orang selalu berbicara tentang hubungan persahabatan kampus yang tidak lama selamanya. Terkadang mereka tetap menjalankannya bahkan melupakan persahabatan tersebut.

Selama beberapa tahun ke depan kamu akan mengetahui orang-orang yang akan datang dan keluar dari kehidupan kamu. Mungkin terasa seperti ada roda yang berputar dalam pertemanan hidup kamu.

Ketahuilah hal tersebut wajar di setiap hubungan pertemanan. Belajar untuk menjadi berteman dengan diri sendiri itu akan memberikan kamu kepercayaan diri untuk melakukan perjalanan hidup seorang diri. Namun, ketahuilah bahwa saat teman-teman yang keluar atau hilang, orang-orang baru akan memasuki hidup kamu. Belajarlah untuk menghargai momen saat ini dan dengan siapa yang bersamamu sekarang.

(Feb)

5. Setiap Pilihan yang Dibuat Dapat Memengaruhi Masa Depan

Sebuah keputusan yang tampaknya tidak penting untuk sekarang akan menuntun hidup kamu ke jalan yang berbeda. Ketahuilah pilihan kamu dan dampaknya untuk dimasa depan, tetapi jangan terlalu berlebihan.

Percayalah dengan mimpi. Perasaan dan pikiran kamu sekarang untuk menjadi orang yang sukses, jangan sampai menyesal di kemudian hari. Terkadang kamu hanya perlu melakukan yang terbaik yang dapat kamu lakukan saat ini dan memahami bahwa semua orang berharap mereka melakukan beberapa hal dengan cara berbeda.

6. Dengarkan Hati Ketika Memutuskan Karier

Kamu harus percaya diri untuk mengenali karier untuk hidup kamu yang sesuai hati dan minatmu. Kamu adalah seseorang yang bekerja dalam karier yang selama ini kamu impikan, jadilah orang yang memiliki tujuan dalam hidup.

7. Gaji Hanyalah Suatu Ukuran Keberhasilan

Dahulu ketika kuliah pasti kita memikirkan uang pasti disamakan dengan pengeluaran nantinya untuk belanja, dan bersenang-senang.

Ternyata ketika dewasa kita mengerti bahwa uang atau gaji yang kita terima hanyalah suatu ukuran keberhasilan selama bekerja setiap bulan. Menggunakan uang gajian tidaklah mudah, kita harus menggunakannya dengan bijak dan terarah.

8. Selalu Siap Menjalani Hidup

Kamu harus selalu siap menjalani hidup menjadi orang dewasa. Kehidupan orang dewasa itu sulit dan sangat menegangkan bahkan membingungkan. Tetapi bagian itu adalah bagian dari sebuah perjalanan hidup yang indah.

Jadi kamu harus siap ketika ada suatu masalah kehidupan yang buruk seperti adanya masa-masa sulit dan banyak kesalahan, akan ada penyesalan dan kecelakaan. Nikmatilah hidupmu setiap saat, baik dan buruk. Jangan takut untuk berpetualang, dan berubah pikiran. Jangan pedulikan omongan orang yang tidak tahu asal ceritanya, ini adalah hidup kamu.

9. Jangan Takut untuk Mengetahui

Di masa kuliah pasti diberitahu untuk merencanakan masa depan oleh dosen pembimbing akademik, jadi kita tahu mana yang baik dan buruknya.

Namun hal itu berbeda ketika kita sudah menjadi seorang alumni, kita menyadari kadang hal terbaik dalam hidup bukanlah hal yang pernah diharapkan. Terkadang sering berakhir di tempat yang benar-benar berbeda dari apa yang kita bayangkan.

Di masa ini kita sudah menjadi orang dewasa, sudah tahu mana yang baik dan buruk. Jangan terlalu kaku dalam sebuah perencanaan sehingga kamu tidak takut akan hal yang tidak diketahui nantinya.

10. Momen adalah Sebuah Kenangan

Saat kamu berusia 30 tahun, hal yang membuatmu bahagia bukanlah sepatu, pakaian, gadget yang terbaru tetapi yang membuatmu bahagia adalah sebuah kenangan.

Momen adalah sebuah kenangan dalam hidup yang pernah dialami bersama teman dan keluarga dan pastinya selalu diingat dan dikenang. Terkadang, momen kecil seperti menyanyikan lagu dangdut didalam kelas bersama teman-teman sambil menonton video clipnya akan selalu dikenang.

Jangan habiskan masa dewasa kamu untuk mengumpulkan hal-hal yang tidak penting. Kumpulkan momen bersama orang-orang di sekitar, hal ini adalah apa yang kamu hargai nantinya.

(Feb)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini