nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Operasi Penyelamatan Kru KRI Rencong Terbakar Berlangsung Dramatis

Chanry Andrew S, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 22:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 11 340 1949140 operasi-penyelamatan-kru-kri-rencong-terbakar-berlangsung-dramatis-VIEm45OUKK.jpg KRI Rencong terbakar dan tenggelam (Foto: Ist)

PAPUA - Kapal Republik Indonesia (KRI) Rencong dengan nomor lambung 622 yang terbakar dan tenggelam di sekitar perairan Pulau Senapan Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (11/9/2018) membawa banyak amunisi dan bom aktif. Operasi penyelamatan pun berlangsung dramatis.

Saat kejadian, kapal yang diawaki 38 personel TNI AL itu sedang melakukan patrol rutin di sekitar perairan Senapan. Seluruh kru kapal berhasil dievakuasi ke Dermaga Sorong. Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab terbakarnya KRI Rencong hingga tenggelam.

Kepala Kantor SAR Sorong, Emy Freezer mengatakan, setelah mendapat laporan KRI Rencong Lantamal XIV terbakar, Lantamal XIV langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk membantu pemadaman dan evakuasi kru kapal.

“Kami dapat informasi dari masyarakat bahwa KRI Rencong terbakar pukul 08.15 WIT. Kami langsung berkoordinasi dengan Kepala KSOP Sorong. Pukul 09.11 WIT, tug boat Pertamina bergerak ke lokasi kejadian,” katanya, Selasa (11/9/2018).

 KRI Rencong terbakar

Setelah itu, kata dia, disusul tim SAR Baladewa bergerak ke lokasi. Namun, mereka disarankan tidak mendekat ke lokasi kapal oleh Kapal Wayag karena masih banyak amunisi di KRI Rencong. Tim SAR kemudian ikut membantu menginformasikan kepada perahu-perahu nelayan untuk tidak melintas di jalur KRI.

Sebelumnya diberitakan, Kapal KRI Rencong dengan nomor lambung 622 yang sedang melakukan patroli di terbakar dan tenggelam di sekitar perairan Pulau Senapan Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (11/9/2018).

 KRI Rencong terbakar

Sebanyak 37 personel termasuk komandan KRI dilaporkan selamat dalam peristiwa tersebut. Iinformasi yang diperoleh Okezone, posisi KRI Rencong yang terbakar dan tenggelam berada di koordinat 00 52' 028" s - 131 03' 973"e dengan jarak kurang lebih 8 mil dari Kota Sorong, Papua Barat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini