nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hilangkan Iri atas Kesuksesan Teman, Berikut Caranya

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 07:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 11 65 1949019 hilangkan-iri-atas-kesuksesan-teman-berikut-caranya-CbY8mWJzpX.jpg Foto: Tips hilangkan iri dan cemburu (Shutterstock)

JAKARTA – Hidup atau bekerja dengan rasa cemburu merupakan hal yang tidak menyenangkan. Rasa cemburu dapat mengubah hal yang baik menjadi hal yang negatif. Merasa cemburu adalah emosi negatif dan kamu harus berhati-hati saat mengalaminya.

Banyak orang menganggap kecemburuan hanya sebagai hubungan romantis. Nyatanya, kecemburuan dapat terjadi pada hubungan persahabatan yang bersifat emosional.

Melansir dari hercampus.com, Selasa (11/9/2018), berikut ini hal-hal yang harus kamu jika kamu merasa cemburu atas kesuksesan teman kamu :

1. Tanyakan Diri Kamu, Kenapa Harus Cemburu?

Sifat cemburu adalah hal yang normal. Tetapi jangan terlalu cemburu yang berlebihan, apalagi cemburu dengan temanmu. Hal ini wajib ditanyakan kepada dirimu sendiri.

Misal tanyakan diri kamu kenapa kamu harus memiliki sifat cemburu? Apa kekuranganmu? Bisakah kamu menjelaskan arti sebuah kesuksesan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin akan sulit dijawab, bahkan kamu mungkin akan menyadari bahwa diri kamu memang tidak yakin dengan kemampuan dan keberhasilan sejauh ini.

Ingatkan diri kamu untuk tidak keluar dari zona nyamanmu apabila memang tidak mampu, jangan terlalu dipaksakan. Sebuah kualitas seseorang tidak dapat diukur dengan angka tetapi dengan kemampuannya.

"Saya cukup merasa cemburu ketika semua teman saya mendapatkan tawaran pekerjaan di depan saya, dan itu menjadi beban dalam hubungan kami. Karena saya merasa aneh berbicara tentang kehidupan setelah lulus. Saya menyadari bahwa saya telat untuk mencari pekerjaan dibandingkan teman-teman saya," ujar Mahasiswa lulusan dari Rowan University, New Jersey, Amerika Serikat, Jo.

Jo mengungkapkan bagaimana perasaannya ketika teman-temannya tampak lebih sukses dengan pekerjaan yang baru mereka dapatkan, tetapi seperti yang dia katakan, dia menyadari bahwa memang itu kesalahan dari diri sendiri sehingga ia tidak boleh merasa cemburu.

2. Jangan Membandingkan Diri Kamu dengan Orang Lain

Setelah kamu menyadari mengapa rasa cemburu itu datang, kamu harus ingat hal lain yaitu untuk tidak membandingkan dirimu dengan orang lain.

Coba untuk menghargai diri kamu sendiri, hal ini merupakan salah satu faktor kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, kemudian kenalilah kelemahan dan kekuatan dirimu sendiri.

Kamu adalah diri sendiri yang sedang membangun kisah sukses untuk dirimu. Tidaklah adil menilai setiap individu dengan kriteria keberhasilan yang sama, karena semua orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

“Pada musim panas biasanya mahasiswa melanjutkan kembali peningkatan waktu di mana setiap orang mendapatkan banyak pengalaman kerja. Saya pribadi ingin menjadi guru, sehingga saya menunda magang. Magang bukan priotitas saya musim ini, tetapi saya pasti merasa membuat suatu kesalahan dalam hidup, ketika saya melihat semua teman-teman saya lebih sukses daripada saya,walaupun saya terlambat." ujar mahasiswa tahun kedua di Lehigh University, Bethlehem, Amerika Serikat, Samantha.

Samantha merasa semua teman-temannya membuat jalan yang terbaik walaupun berbeda dengan dirinya tetapi mereka memiliki satu alasan yang sama untuk sukses.

 

3. Jadikan Motivasi

Mungkin rasa cemburu ini adalah suatu hal yang kamu butuhkan untuk memotivasi diri kamu menjadi lebih baik dibidang akademik maupun mempersiapkan karir mu kedepan.

Mungkin saja kamu cemburu dengan kemampuan fasih berbahasa Inggris atau bakat menghitung temanmu. Meskipun begitu, kamu tidak boleh terlalu fokus untuk mengukur hal itu. Kamu harus menggunakan hal tersebut sebagai dorongan yang positif untuk diri kamu sendiri. Kamu bahkan dapat meminta bantuan teman kamu untuk belajar bersama sehingga tidak ada rasa cemburu.

Cobalah untuk terus berlatih dalam hal yang menurut dirimu kurang, kerjakan sendiri selagi kamu bisa dan janga menyerah. Belajarlah dari sebuah kegagalan. Jangan malas untuk berubah, memang mudah mengatakan tetapi sulit untuk dilakukan tetapi kamu harus yakin untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini