nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Kembali Guncang Bengkulu, Kekuatannya 3,6 SR

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 03:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 12 340 1949191 gempa-kembali-guncang-bengkulu-kekuatannya-3-6-sr-dynt52Hso2.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BENGKULU - Gempa berkekuatan 3,6 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Provinsi Bengkulu, Selasa (11/9/2018), sekira pukul 23.12 WIB. Gempa tersebut berpusat di Tenggara, Curup Kabupaten Rejang Lebong. Di mana, gempa tersebut berselang tiga jam dari gempa di Kabupaten Seluma, atau sekira pukul 19.52 WIB.

Gempa di Kabupaten Rejang tersebut berada di koordinat episenter 3.28 Lintang Selatan (LS) dan 102.70 Bujur Timur (BT), atau berada di 16 kilometer (KM) Tenggara, Curup, Rejang Lebong, dengan kedalaman hiposenter 145 kilometer (KM). Meskipun demikian gempa tersebut tidak begitu dirasakan oleh masyarakat Rejang Lebong dan sekitarnya.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah menjelaskan, gempa di Curup, merupakan gempa dengan jenis gempa dalam. Di mana gempa tersebut disebabkan lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia, yang berada di bawah pulau Sumatera.

''Ini jenis gempa dalam. Gempa disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera,'' kata Sabar, ketika di konfirmasi okezone malam tadi.

 Ilustrasi

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Curup, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Sehingga, imbau Sabar, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Sebagaimana di ketahui, sekira pukul 19.52 WIB, gempa mengguncang Kabupaten Seluma, berkekuatan 4,7 SR. Di mana gempa tersebut dengan episenter terletak pada koordinat 4.60 LS dan 102.24 BT, di Laut sekitar 80 km Barat Daya, Seluma, Bengkulu, pada kedalaman 26 km.

Selain itu, peta tingkat guncangan atau shake map BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi, berupa guncangan yang dirasakan di daerah Kota Bengkulu I-II SIG-BMKG (II-III MMI), Kabupaten Kepahiang I SIG-BMKG (II MMI), serta di Kabupaten Seluma.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini