nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Boleh Saja Mahasiswa Bergadang Sambil Ngopi, Tapi Simak 5 Cara Sehat Ini

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 07:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 12 65 1949578 boleh-saja-mahasiswa-bergadang-sambil-ngopi-tapi-simak-5-cara-sehat-ini-9alPwTBQJo.jpg Kopi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sekarang kafein selalu menjadi kebutuhan semua orang, bukan hanya saja orangtua, kini mahasiswa pun bisa mengkonsumsi kafein setiap hari.

Mahasiswa banyak minum kopi ketika sedang begadang hingga larut malam, kemudian mampir ke kafe di dekat kampus dan minum kopi walaupun memesannya hanya segelas cappucino.

Namun ternyata, mengkonsumi kafein berlebih akan berakibat mengurangi konsentrasi dengan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan dan menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Konsumsi tinggi kafein dari kopi juga dapat memunculkan respon stres tubuh. Bahkan kebiasaan meminum kopi mungkin akan mempengaruhi kualitas tidur.

Melansir dari Hercampus.com, Rabu (12/9/2018), berikut beberapa cara untuk meningkatkan tingkat energi kamu tanpa kecanduan kafein :

1. Minumlah Air Putih yang Cukup

Tukarlah kopi pagi kamu untuk segelas air putih yang menyegarkan. Air tidak hanya akan membuat kamu terhindari dari dehidrasi, tetapi juga memulai energi kamu dengan memberikan lonjakan oksigen ke sistem tubuhmu.

“Tubuh seseorang membutuhkan sekitar 60 hingga 70 persen air, sehingga dehidrasi dapat membuat seseorang merasa lelah,” kata Christina Chiu, ahli diet di Newton Wellesley Hospital.

“Saya selalu meminum banyak air untuk tetap terhidrasi sepanjang hari,” kata Kayla Lewkowicz, karyawan start up di Cambridge.

Ahli kesehatan Peggy Hall menyarankan supaya kamu menambahkan buah-buahan yang mengandung banyak air.

"Ketika kamu memakan buah-buahan, semua vitamin dan mineral yang ada dalam buah tersebut menghasilkan elektrolit seperti natrium dan kalium yang membuat kamu terhidrasi. Semua itu akan meresap menjadi air," kata Hall.

“Sekarang ketika kamu minum air putih, kamu menghidrasi diri kamu menjadi lebih baik sehingga otak kamu akan bekerja lebih baik.” Teruslah menenggak minuman itu sepanjang hari untuk meningkatkan energi Anda. Tubuh Anda, pikiran dan dompet Anda akan berterima kasih.

2. Jangan Terlihat Lemas

Seringkah kamu belajar di meja kelas atau belajar meja mu di rumah dengan posisi membungkuk di atas meja? Jawabannya pasti sering!

Ubahlah posisi dudukmu yang membungkuk itu, karena hal tersebut akan menguras banyak tenaga dan kamu terlihat lemah. Duduklah dengan posisi yang tegak, layaknya kamu semangat untuk menjalani aktivitas. Mengherankan bukan, hanya dengan cara posisi dudukmu dapat menentukan bahwa kamu semengat atau tidak.

“Duduklah yang tegak, membungkuk akan merusak energi kamu. Kamu tidak bisa bernafas karena paru-parunya sempit. Saatnya mengubah prioritasmu lewat postur tubuh yang sempurna,” ujar Hall.

(Feb)

Hall menambahkan cahaya yang berasal dari lampu belajar juga akan membuat orang tersebut mengantuk, salah satunya lampu CFL (Compact Fluorescent Light) memberikan kelap-kelip yang tidak beraturan

"Lampu CFL akan melelahkan mata dan melelahkan otak, cobalah ganti lampumu dengan lampu LED, sehingga kamu akan tampak lebih segar dan tidak mengantuk," katanya.

3. Jangan Lupa Sarapan dan Makanlah Cemilan yang Sehat

Ketika sore menjelang kamu akan mulai mengantuk, cobalah untuk menghindari kopi. Beralihlah ke cemilan yang sehat dan bebas dari kafein, tapi jangan makan keripik singkong atau kentang karena tidak akan mengisi energi dirimu terlalu banyak.

“Padukan karbohidrat dengan protein saat kamu sedang waktunya nyemil,” kata Chiu.

Memasukkan protein bersama dengan karbohidrat tidak hanya mendapatkan energi setelah kamu memakannya tetapi kamu tetap semangat untuk menjalani aktifitas lagi hingga beberapa jam kemudian.

“Saya memakan snack batangan dari selai kacang yang saya dinginkan dan mulai lanjut bekerja. Isi dari snack batangan terdapat madu, selai kacang, biji rami dan keping coklat, kemudian digulung dalam gandum,” kata Alaina Leary, seorang mahasiswa pascasarjana di Emerson College, Boston, Amerika Serikat.

Sydnee Lyons seorang mahasiswa pascasarjana tahun kedua di Florida Atlantic University mengungkapkan bahwa sarapan adalah makan pertama yang pertama masuk di pagi hari dan menjadi kunci untuk menjaga energi tubuhnya.

“Sebelum bekerja sebaiknya sarapan terlebih dahulu, kemudian baru melanjutkan aktifitas lainnya,” katanya.

Menu sarapan pagi Lyons biasanya oatmeal atau roti panggang, semangkuk smoothie dengan buah-buahan segar buatan sendiri.

Hall menjelaskan ia juga sering sarapan dengan smoothie yang kaya nutrisi, dan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan berwarna hijau karena mengandung banyak klorofil.

“Smoothie adalah energi nomor satu saya untuk menjalani aktifitas sepanjang hari dan apa pun yang berwarna hijau saya makan karena penuh dengan oksigen klorofil.” jelasnya

(Feb)

4. Atur Waktu Tidurmu dan Sempatkan Tidur Siang

Menjadi mahasiswa yang sibuk akan mengurangi waktu tidurmu sehingga hal tersebut bukanlah sebuah pilihan. Ketika kamu merasa mata mu mulai lelah di siang atau sore hari sempatkanlah untuk tidur siang.

“Umumnya kurang dari 45 menit disarankan untuk tidur siang,” kata Chiu.

Tidur siang akan memberi otak kamu waktu untuk beristirahat dan sangat dibutuhkan untuk kembali beraktifitas. Tidur siang yang lebih lama akan membuat tubuh kamu menjadi lebih lelah , karena tahap tidur yang berbeda dari pada bangun di pagi hari.

“Saya cukup beruntung untuk bekerja di perusahaan yang mendorong tidur siang cepat jika itu yang Anda butuhkan,” kata Kayla

5. Banyak Bergerak

Banyaknya alasan mengapa kamu kelahan, mungkin karena peredaran darah kamu tidak mengalir dengan baik. Coba lakukan hal-hal yang menghasilkan banyak gerakan seperti naik tangga darurat walau hanya ke lantai 2 dan jalan kaki menuju halte bis sehingga peredaran darahmu lancar dan kamu tidak terlihat kelelahan dan mengantuk.

“Bangun dan berjalan-jalan karena itu akan selalu membantumu untuk menghasilkan energi. Kamu akan merasa segar dan fit,” kata Rachel Petty, seorang senior di Universitas James Madison, Amerika Serikat.

Alaina mahasiswi Universitas James Madison juga setuju dengan perkataan Rachel, "Saya sarankan untuk banyak berjalan-jalan, terutama jika kamu bisa keluar kemana saja selama 15 hingga 20 menit," ungkapnya.

“Melakukan lebih banyak gerakan akan mengirimkan sinyal ke tubuh kamu untuk membuat lebih banyak mitokondria, yang pada gilirannya akan membantu tubuhmu untuk menghasilkan lebih banyak energi,” tambah Hall.

Hall menyarankan untuk pergi ke luar, karena sinar matahari dikenal untuk meningkatkan serotonin, hormon bahagia yang di alami tubuhmu.

Mungkin esok hari apabila kamu meminum secangkir kopi untuk mengerjakan tugas hingga larut malam, cobalah untuk mencoba hal-hal di atas dan kamu akan meninggalkan kafein secara bertahap.

(Feb)

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini