nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Ajukan Paten Sistem Penguatan Rangka Gunakan Carbon

Mufrod, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 15:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 13 15 1949972 honda-ajukan-paten-sistem-penguatan-rangka-gunakan-carbon-AfPL1EuDPZ.jpg Gambar paten Honda (Foto: Ist)

TOKYO - Produsen Honda tengah ajukan paten komponen untuk memperkuat struktur rangka pada produk motor sportnya. Perangkat tersebut dibuat dengan material karbon.

Pemilihan material karbon pada komponen struktur penguat rangka sepeda motor dipilih Honda karena memiliki kekuatan yang sangat baik. Namun material karbon sendiri bukanlah bahan yang cukup murah jika digunakan di sepeda motor.

Dengan kelebihan tersebut, tak jarang banyak sepeda motor yang dikembangkan menggunakan bahan material karbon memiliki harga yang cukup mahal. Hal itulah yang membuat Honda mematenkan komponen untuk memperkuat rangka menggunakan bahan karbon.

Desain paten menggambarkan batang serat karbon yang akan dipasang melintang melintasi bagian depan sasis sepeda motor di mana ia menempel pada poros kemudi, di seberang kotak udara.

Paten yang tengah diajukan ini rencananya akan diaplikasikan pada model Honda CBR600RR. Penggunaan perangkat karbon sendiri diklaim Honda tidak akan mendongkrak harga sangat mahal pada CBR600RR.

 

Sebagaimana pada model BMW HP4 sdan Ducati 1299 yang seluruh bagiannya menggunakan material karbon, namun dibanderol dengan harga cukup fantastis yakni USD80 ribu atau setara Rp1,1 miliar.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini