nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengacara Mantan PM Malaysia Dituntut Atas Tuduhan Pencucian Uang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 13 18 1949790 pengacara-mantan-pm-malaysia-dituntut-atas-tuduhan-pencucian-uang-V5RcDt6TjC.jpg Muhammad Shafee Abdullah. (Foto: The Star)

KUALA LUMPUR – Komisi pemberantasan korupsi Malaysia, (MACC) akan menuntut pengacara mantan Perdana Menteri Najib Razak dengan tuduhan pencucian uang pada Kamis. Muhammad Shafee yang memimpin tim pembela Najib dilaporkan telah ditangkap oleh MACC pada Rabu malam waktu setempat.

Keterangan dari MACC yang dilansir Bernama, menyebutkan, pengacara senior Malaysia itu akan dituntut dengan undang-undang anti pencucian uang. Namun, sejauh ini belum ada detail lebih jauh yang diungkap MACC dan masih belum jelas apakah tuduhan terhadap Shafee berkaitan dengan penyelidikan skandal korupsi 1MDB yang menjerat Najib Razak.

BACA JUGA: Uang Tunai Sejumlah Rp404 Miliar Disita dari Apartemen Najib Razak

Muhammad Shafee adalah pengacara yang memimpin tim pembela bagi mantan Perdana Menteri Najib Razak, atas tindak kriminal pelanggaran kepercayaan, pencucian uang dan penyalahgunaan kekuasaan.

The Star, Kamis (13/9/2018) melaporkan, pada 6 September, Kantor Jaksa Agung mengeluarkan pernyataan tertulis yang mengklaim bahwa Muhammad Shafee menerima pembayaran sebesar RM9.5 juta dari Najib antara 2013 dan 2014.

BACA JUGA: Dijatuhi Empat Tuntutan, Najib Razak Nyatakan Dirinya Tidak Bersalah

Pembayaran itu diduga diberikan Najib untuk menuntut Anwar Ibrahim dalam banding kasus Sodomi II di Pengadilan Banding dan Pengadilan Federal Malaysia. Shafee membantah tuduhan tersebut dan mengatakan uang itu dia terima sebagai pembayaran atas pekerjaan yang dia lakukan untuk UMNO dan Barisan Nasional.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini