nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Matang Emosional, Pengemudi Usia 17-25 Rentan Kecelakaan

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 14 15 1950589 belum-matang-emosional-pengemudi-usia-17-25-rentan-kecelakaan-0Hi6NiU08Y.jpg Jusri Pulubuhu Founder JDDC (Foto: iNews)

JAKARTA - Kecelakaan yang terjadi di tol Jakarta-Tangerang Km 21 arah Tangerang, mengakibatkan pengemudi mobil hatchback Mazda 2 yang diketahui baru berusia 19 tahun mengalami luka-luka.

Diketahui pengemudi menggunakan bahu jalan dengan kecepatan tinggi untuk mendahului namun saat masuk ke bahu jalan terdapat truk tronton yang tengah berhenti darurat karena pecah ban. Pengemudi tak mampu mengendalikan mobilnya dan menghantam bagian belakang truk yang kemudian ditabrak pengemudi lain dari arah belakang akibat tak dapat menghindar.

 

Dari kronologis tersebut bisa disimpulkan pengemudi yang berusia belia belum bisa mengontrol emosional yang berhubungan dengan perilaku berkendara. "Berada di jalan raya sangat membutuhkan kematangan emosional khusus dalam berkendara,"ungkap Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Dirinya juga mengungkap, pengemudi dengan usia 17-25 tahun belum memiliki kematangan emosional meski dinilai cakap dalam kemampuan mengemudi. Faktor terbesar terjadinya kecelakaan bisa diakibatkan faktor emosional yang bisa membuat pengemudi melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

 

"Berada di jalan yang paling penting kematengan emosional, peranan kematangan jiwa di jalan yang paling penting. Kenapa usia dini menjadi faktor terbesar di dalam kelompok2 pengemudi 17-25 kontributor terbesar dalam kecelakaan." pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini