nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Coba Mata-Matai Laboratorium di Swiss, Dua Agen Intelijen Rusia Ditangkap

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 18 1950456 coba-mata-matai-laboratorium-di-swiss-dua-agen-intelijen-rusia-ditangkap-n2LykH6DvC.jpg Ilustrasi.

ZURICH – Dua agen Rusia yang dicurigai berusaha memata-matai sebuah laboratorium di Swiss ditangkap di Belanda dan telah diusir awal tahun ini. Hal itu diungkap oleh laporan Surat Kabar Swiss Tages Anzeiger mengutip seorang sumber yang tidak disebutkan namanya pada Jumat.

Surat kabar itu menyatakan bahwa laporan tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya oleh dinas intelijen Swiss NDB. Namun, NDB belum memberikan respons resmi saat dimintai keterangan oleh Reuters.

BACA JUGA: Inggris Buru Dua Mata-Mata Rusia Terduga Pelaku Serangan Racun Saraf

Reuters, Jumat (14/9/2018) mewartakan, dalam laporan itu disebutkan bahwa pihak berwenang dari Swiss, Belanda dan Inggris telah bekerja sama untuk membongkar rencana yang ditujukan pada Spiez laboratory di dekat Bern. Laboratorium itu menjadi tempat kerja bagi ahli-ahli di bidang nuklir serta senjata biologi dan kimia.

Laboratorium itu menganalisa dugaan penggunaan gas beracun di Suriah dan sampel dari zat syaraf yang menurun Inggris digunakan Rusia untuk mencoba membunuh seorang mantan mata-mata dan putrinya. Tages Anzeiger melaporkan, kedua tersangka yang ditangkap bukanlah orang yang sama dengan dua orang yang diduga mencoba membunuh Sergey Skripal di Salibury pada Maret.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini