nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Kembali Digugat Terkait Kasus Korupsi Bank Century

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 20:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 337 1950678 kpk-kembali-digugat-terkait-kasus-korupsi-bank-century-6gxVXrgVbA.jpg Gedung KPK. (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Aliansi Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) kembali menggugat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan mengajuka‎n praperadilan kasus korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) pada Bank Century. Kali ini, MAKI mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Praperadilan kasus Century lawan KPK telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat diregister nomor perkara : 16/Pid.Prap/2018/PN. Jkt. Pst," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman di PN Jakpus, Jumat (14/9/2018).

Boyamin menjelaskan alasannya kembali menggugat KPK. Kata Boyamin, lembaga pimpinan Agus Rahardjo Cs hingga saat ini belum juga menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi Bank Century.

"Minggu kemarin saya cek ke KPK, belum ada tahap penyidikan terhadap kasus Century. Artinya belum ada proses untuk menyidik atau menuju tahap untuk menetapkan tersangka Boediono Cs," ungkapnya.

Ilustrasi

MAKI sendiri sebelumnya pernah memenangkan gugatan praperadilan korupsi Bank Century yang diputus di Pengadilan Negeri Jaksel, pada April 2018, lalu. Namun, KPK hingga kini belum menguak siapa tersangka baru dalam kasus korupsi Bank Century.

Padahal, dalam amar putusannya, PN Jaksel ‎meminta agar KPK kembali membuka penyelidikan terkait kasus korupsi dana talangan atau bailout untuk Bank Century. Dalam putusan tersebut juga dipaparkan nama-nama yang pernah disebut dalam dakwaan mantan Deputi Bank Indonesia, Budi Mulya.

(Baca Juga : Setnov Klaim Kantongi Data untuk Jerat Para Penikmat Uang Haram Century)

Boyamin pun meminta KPK melimpahkan kasus tersebut ke Kejaksaan atau Kepolisian jika tidak mampu mengusutnya. Sebab, dalam amar putusan PN Jaksel tercantum jelas nama-nama yang terlibat dalam kasus Bank Century.

"Saya berharap mudah-mudahan dalam waktu dua sampai tiga minggu ke depan, sudah bisa disidangkan," terangnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini