nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MA Putuskan Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Moeldoko: Kita Ikuti

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 11:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 16 337 1951136 ma-putuskan-eks-koruptor-boleh-nyaleg-moeldoko-kita-ikuti-UX0KEKI1CL.jpg Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR dan DPRD yang memuat aturan larangan bagi mantan narapidana kasus korupsi menjadi anggota calon legislatif (caleg).

Menanggapi‎ hal tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Sebab, menurut mantan panglima TNI ini, putusan MA masuk produk hukum yang harus dihormati bersama oleh seluruh pihak.

"Kalau itu produk hukum ya enggak bisa apa-apa. Kalau sudah putusan MA, kita ikuti‎," kata Moeldoko saat menghadiri acara Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2018).

Ilustrasi pemilihan umum. (Foto: Okezone)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga angkat bicara terkait keputusan MA yang mengabulkan gugatan sebagian uji materi PKPU 20/2018. Kepala Negara meyakini masyarakat Indonesia sudah semakin matang dan dewasa dalam menentukan pilihan.

"Semuanya pasti mengacu melihat rekam jejak, track record pasti dilihat, karakter pasti dilihat, karena masyarakat semakin dewasa, semakin pintar melihat siapa yang harus dipilih," jelas Jokowi berdasarkan keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu 15 September 2018.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini