nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Setnov, Kamar Sel Nazaruddin-Joko Susilo-Wawan Juga Berukuran Luas

CDB Yudistira, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 16 525 1951213 selain-setnov-kamar-sel-nazaruddin-joko-susilo-wawan-juga-berukuran-luas-3FQAL2R7VG.jpg Kamar sel mewah Setya Novanto. (Foto: Ombudsman RI)

BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, kembali menjadi sorotan setelah Ombudsman Republik Indonesia melakukan sidak ke penjara khusus terpidana kasus korupsi tersebut. Salah satunya temuan saat sidak yakni luasnya kamar terpidana perkara korupsi e-KTP, Setya Novanto (Setnov), yang menjadi perdebatan.

Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan, memang kamar yang dihuni Setnov memiliki luas. Tapi belakangan terungkap, ada juga kamar yang serupa dengan milik Setnov. Terdapat 40 kamar lain yang luasnya sama.

"‎(Yang memiliki luas kamar sama dengan Setnov) ada Nazaruddin, ada Joko Susilo, sebagian kamar mungkin dihuni oleh Pak Wawan (Tubagus Chaeri Wardana). Terus ada napi umum yang baru masuk juga di situ dan sudah lama juga mereka itu menempati ruangan hunian yang besar," kata Tejo saat ditemui di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Bandung, Minggu (16/9/2018).

Lapas Sukamiskin. (Foto: Okezone)

Tejo mengungkapkan, hunian-hunian di Lapas Sukamiskin terbagi menjadi tiga. Masing-masing ada kamar dengan ukuran kecil, sedang, dan besar.

Cluster-cluster tersebut, lanjut Tejo, merupakan kontsruksi sejak 1918. Maka itu, guna menstandardisasi hunian-hunian di dalam lapas itu, pihaknya telah mengajukan anggaran pada 2019.

"Pembiayaan anggaran itu tidak ada untuk saat ini. Pemeliharaan saja tidak ada. Itu (program standardisasi) jangka panjang," ungkap Tejo.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini