nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri Larang Anggota Kepolisian Ber-Selfie dengan Capres-Cawapres

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 11:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 18 337 1951959 kapolri-larang-anggota-kepolisian-ber-selfie-dengan-capres-cawapres-YyJynXBMj0.jpg Kapolri dan Panglima TNI memberi keterangan pers usai apel bersama di Lapangan Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian melarang anggota kepolisian berswafoto (selfie) dengan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan berlaga di Pemilihan Umum 2019. Hal itu untuk menjaga netralitas jajaran Korps Bhayankara dalam menjaga pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Contohnya (dilarang) ber-selfie, sampai tidak boleh ikut kampanye, kecuali mengamankan," kata Tito di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

TNI dan Polri melaksanakan apel pengamanan Pilpres 2019 di Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Apabila masih ada anggota kepolisian yang nekat ber-selfie dengan capres-cawapres, kata Tito, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi. Dari yang paling ringan berupa teguran hingga pemecatan dari status kepolisiannya.

"Mulai sanksi teguran, sampai yang terberat yakni pemecatan. Saya sudah jelas sekali," tegasnya.

Meski begitu, jenderal bintang empat itu menjamin anak buahnya akan netral selama kontestasi politik tersebut. Pihaknya sudah melakukan safari ke seluruh daerah di Indonesia untuk memastikan mereka tak terlibat dalam politik praktis.

"Kemarin juga sama kita sudah melakukan langkah-langkah untuk menjamin netralitas," jelasnya.

TNI dan Polri melaksanakan apel pengamanan Pilpres 2019 di Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini