nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri Ajak Ormas Ciptakan Pemilu yang Damai

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 13:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 18 337 1952048 kapolri-ajak-ormas-ciptakan-pemilu-yang-damai-J3kZSdiVOv.jpg Kapolri dan Panglima TNI memberi keterangan pers usai apel bersama di Lapangan Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Indonesia untuk membantu menciptakan Pemilihan Umum 2019 berjalan secara aman dan damai. Sebab, keterlibatan ormas sangat memberikan pengaruh dalam keberlangsungan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Mengajak ormas-ormas, tokoh masyarakat, untuk menciptakan pemilu aman, damai," kata Tito di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

TNI dan Polri melaksanakan apel pengamanan Pilpres 2019 di Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Tito juga mengimbau keada anak buahnya untuk mendekati para pendukung, tapi tak terlibat dalam proses kampanye. Sehingga, nantinya tidak akan tercipta suasana saling provokasi antar-pendukung pasangan calon.

"Kita perlu untuk mendekati para kontestan, baik pileg maupun pilpres, partai pendukung serta massa pendukungnya agar melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif. Kampanye-kampanye positif dan tidak melakukan hal-hal yang dapat memprovokasi pihak lain," jelasnya.

TNI dan Polri melaksanakan apel pengamanan Pilpres 2019 di Monas. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Selain itu, lanjut Tito, agenda pemilu dari segi keamanan akan menciptakan kelompok-kelompok pendukung peserta dan pendukung akan menciptakan konflik. Oleh karena itu, TNI dan Polri dapat menjalankan peranannya sebagai pengaman.

"Dari sudut pandang keamanan, kontestasi akan membelah masyarakat pada pilihan-pilihan, sehingga dapat menjadi potensi konflik. Untuk itu, maka Polri dan TNI, dua unsur ini yang tidak memiliki hak pilih, menjadi tumpuan masyarakat untuk menjadi motor agar terciptanya demokrasi yang sehat dan kompetitif serta aman," terangnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini