nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Api di Gunung Sumbing Mulai Jinak

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 12:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 18 512 1952013 api-di-gunung-sumbing-mulai-jinak-3kVxNAIleL.jpg Api di Gunung Sumbing Mulai Padam (foto: Taufik Budi/iNews)

WONOSOBO – Kobaran api yang membakar kawasan hutan di Gunung Sumbing mulai terkendali. Bahkan, di Petak 23 Gunung Sumbing wilayah Wonosobo secara umum api telah padam. Petugas gabungan pun melakukan penyisiran untuk memastikan kepulan asap yang terlihat tak meninggalkan bara api.

“Masih ada kepulan asap kecil sisa bara kebakaran kemarin di Petak 23. Ketinggian nya sekira 2.500 mdpl. Tim akan melaksanakan penyisiran dan pemadaman sisa kebakaran,” kata Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, Selasa (18/9/2018).

Pemadaman Api Gunung Sumbing (foto: Taufik/Okezone)	Pemadaman Api Gunung Sumbing (foto: Taufik/iNews) 

Dia menambahkan, dua regu segera diberangkatkan menuju lokasi Petak 23 di Dusun Garung Desa Butuh lereng Gunung Sumbing. Regu 1 melaksanakan penyisiran dan sterilisasi di Petak 23 di sektor kiri arah perbatasan Wonosobo-Temanggung.

Sedangkan Regu 2 melaksanakan penyisiran dan sterilisasi di Petak 23 sektor kanan perbatasan Desa Butuh-Bowongso. Untuk Kelompok Bowongso melaksanakan penyisiran dan penyekatan serta sterilisasi di Petak 23 Desa Bowongso.

“Perkembangan situasi sekarang Tim Survei dan Tim Aju sudah sampai di sasaran Petak 23 di titik kebakaran. Situasi Petak 23 seluruh api sudah padam, sudah padam seluruhnya,” tukas dia. 

Meski demikian, di Petak 20 wilayah Temanggung masih terlihat kepulan asap besar akibat kebakaran. Untuk mengatasi kobaran api, sedang dilaksanakan pemadaman melalui udara dengan helikopter yang melakukan water bombing.

Gunung Sumbing Terbakar (foto: Ist)	Gunung Sumbing Terbakar (foto: Ist)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini