nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah Tak Kunjung Lulus, Simak 5 Jalan Keluarnya

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 07:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 18 65 1952238 kuliah-tak-kunjung-lulus-simak-5-jalan-keluarnya-2HyIOX9vWW.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA – Salah satu persoalan yang kerap dihadapi oleh para mahasiswa adalah tak kunjung lulus dari ketentuan masa studi. Dari fenomena itu, muncul istilah mahasiswa abadi.

Terlambat lulus akan membuat mahasiswa dalam kondisi kerugian, baik rugi tenaga, waktu maupun finansial. Lalu bagaimana solusinya?

Melansir dari Hercampus.com, Rabu (19/9/2018), inilah yang harus dilakukan setelah kamu mengetahui bahwa dirimu tidak lulus tepat waktu.

1. Jangan Panik

Berlama-lama menjadi seorang mahasiswa tentu tidak ada keuntungannya. Karena hal itu hanya akan menjauhkanmu dari kesuksesan yang harusnya bisa kamu ukir sekarang tetapi nyatanya terlambat.

Namun, jangan putus asa selalu ada cara untuk bisa memperbaiki kesalahan dan jangan panik untuk mencari solusi terbaik.

Banyak mahasiswa yang masuk kuliah akhirnya mengubah jalur akademik mereka setelah satu atau dua semester.

Mereka bahkan memilih untuk mengambil cuti satu semester untuk mengejar pengalaman kerja, bahkan bekerja part time atau full time untuk alasan keuangan.

“Kakak laki-laki saya harus mengambil cuti perkuliahan dan bekerja full time untuk dirinya sendiri sehingga ia lulus mendapatkan gelarnya pada tahun kelima. Keluarga saya bangga padanya karena ia sudah selesai dan sekarang dia sudah bekerja,” ujar Sarah mahasiswi Lehigh University

.

2. Coba Hubungi dan Minta Bantuan Kepada Bagian Keuangan

Telat lulus kuliah juga akan berdampak pada keuangan orangtuamu. Mungkin orangtuamu, yang sebelumnya membantu kamu menangani keuangan kuliah. Tetapi sebaiknya jika kamu terlambat kuliah, bantulah meringankan beban orangtuamu. Cobalah untuk hubungi dan meminta bantuan kepada bagian keuangan untuk mendiskusikan pilihan kamu.

Kamu mungkin dapat mengajukan permohonan beasiswa tambahan.

Dapatkan informasi tentang jalur beasiswa yang ada di kampusmu. Semakin banyak informasi yang kamu dapat semakin sedikit kekhawatiranmu untuk masalah keuangan.

 

3. Kamu Tidak Sendirian

Ada ribuan orang dalam situasi kamu yang kamu alami. Percaya atau tidak, tidak semua orang datang ke perguruan tinggi dengan semangat dan mengejarnya tanpa henti dan mendapatkan hasil sempurna. Mereka harus mengulang kelas untuk nilai yang lebih baik. Di mana telat kuliah satu semester daripada teman-temannya dan selalu merasa bersalah atas kejadian ini.

Yang harus diingat adalah kamu tidak sendirian. Ada banyak mahasiswa lain dari berbagai fakultas, penasihat, dan mentor yang bersedia untuk membantu kamu di sepanjang jalan melewati hal ini.

“Saya khawatir tidak lulus tepat waktu dan tidak mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang cukup, tetapi saya menyadari bahwa setiap jalur karier orang-orang berbeda. Teman-teman saya dari berbagai jurusan sudah selesai kuliah tetapi banyak dari mereka tidak harus bekerja full time seperti yang saya lakukan. Sulit untuk dibandingkan. Kemudian saya mendapat teman baru di tahun terakhir kuliah saya, yang saya kira tidak akan terjadi ternyata mereka membantu saya untuk menyelesaikan studi saya. Kemudian saya memiliki pekerjaan yang baik setelah kuliah dengan jurusan bisnis saya,” ujar Mary mahasiswa tahun kelima dari California State University Long Beach.

4. Jangan Berhenti dan Terus Berjuang

Lulus merupakan sebuah perjuangan berat yang tampaknya penuh gejolak tetapi hal itu merupakan sebuah pencapaian yang menunjukkan ketekunan dan dedikasi.

Tentu saja ada kisah sukses orang-orang yang putus kuliah karena masalah keuangan dan kemudian menjadi seorang miliarder.

Kesuksesan tersebut bisa dicontoh karena mereka yang dahulunya putus sekolah berjuang mati-matian untuk menjadi seorang yang sukses.

Tetapi jika kamu mampu untuk masalah keuangan dan banyak waktu untuk melanjutkan kuliah, mengapa kamu tidak menggunakannya?

Jutaan orang muda di seluruh dunia akan berjuang untuk berada di titik kesuksesan. Maksudnya banyak orang di luar sana ingin kuliah seperti kamu, jadi jangan sia-siakan kesempatanmu.

Jika kamu berpikir untuk tidak lulus tepat waktu, mungkin kamu sudah seharusnya menyelesaikan pendidikan selama beberapa tahun untuk mengetahui hal ini.

Mendapatkan gelar mungkin tidak menjamin gaji satu milyar tetapi ini akan menjadi indikasi yang kredibel bahwa kamu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja keras untuk mengejar sesuatu. Itu suatu hal yang patut di banggakan!

5. Mintalah Bantuan Dosen Akademik

 

Mungkin kamu merasa sibuk dengan banyak aktifitas yang kamu jalani saat ini, cobalah untuk mengatur jadwal kegiatanmu diluar mulai dari kerja part time ataupun latihan basket. Sudah seharusnya dirimu fokus dengan perkuliahan. Duduklah dan lihat jadwal kamu yang sangat penuh dengan kegiatan diluar dibandingkan dikampus.

Terkadang, kamu harus menghentikan hal-hal yang kamu suka untuk saat ini.

Jadwalkan untuk bertemu dengan dosen akademikmu. Tugas mereka adalah membantu kamu mengatur jadwal sehingga kamu bisa menggunakan waktu kuliah yang tersisa secara efisien.

Pergilah ke kampus untuk bertemu dosen akademik dan dosen pembimbing skripsimu jika kamu memang membutuhkan bantuan tambahan dari mereka. Memang hal ini mungkin seperti mengintimidasi, tetapi jika mereka mengetahui situasi kelulusan kamu, mereka mungkin lebih akomodatif.

Disiplin sangat diperlukan di perguruan tinggi. Memilih untuk membangun lebih awal dan pergi tepat waktu tidaklah mudah, pastu selalu ada acara untuk mendapatkan sebuah gelar.

Kamu mungkin merasa akan seperti tenggelam di kampus, tetapi hal-hal diatas itu merupakan sebuah harapan untuk membantumu lulus dari perguruan tinggi. Sebuah perguruan tinggi bukanlah kejam terhadap dirimu tetapi dia menantang kamu untuk menjadi seseorang yang lebih mandiri di masa depan. Jadi semoga berhasil!

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini