nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

50 Hektare Hutan di Kawasan Gunung Ciremai Terbakar

Fathnur Rohman, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 07:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 19 525 1952458 50-hektare-hutan-di-kawasan-gunung-ciremai-terbakar-bmWOM5YjSi.jpg Kebakaran hutan di kawasan TN Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. (Foto: Toiskandar/iNews TV)

KUNINGAN – Seluas 50 hektare hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) , Jawa Barat, ludes terbakar sejak Selasa kemarin. Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, kebakaran ini terjadi di hutan area Blok Leweung Kiara, Ciula, Lembah Neundeut, kawasan TNGC; serta Desa Setianegara, Kabupaten Kuningan.

Petugas BPBD bersama tim gabungan, Satpol PP, Balai TNGC, TNI, Polri, LSM Akar, dan masyarakat sekitar terjun langsung untuk memadamkan kobaran api.

"Kami telah menurunkan advance team, assessment, serta pemadam yang berkoordinasi dengan pengelola kawasan TNGC untuk rencana operasi penanganannya," kata Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin, Selasa 18 September 2018.

Supaya api tidak semakin luas, upaya darurat pun dilakukan. Cara, membuat sekat bakar dari Blok Pamuludan hingga arah barat.

Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan. (Foto: Okezone)

Menurut penjelasan petugas, rembetan api yang mengarah ke bagian utara memiliki skala kecil karena ada jalur air. "Pemadaman dilakukan langsung ke titik api dari arah selatan dan timur," jelas Agus.

Sementara Kepala Balai TNGC Kuswandono mengatakan, antisipasi kebakaran telah dilakukan melalui patroli darat. Ia juga mengakui dalam beberapa pekan ke belakang kondisi tanaman di kawasan TNGC banyak yang mengering.

Sebelum Selasa kemarin, pihaknya telah melaporkan adanya kebakaran kecil di tiga titik lokasi pada Senin 17 September 2018. Tiga lokasi tersebut berada di Blok Punduk Guha, Blok Liang Angin, Majalengka serta Blok Pajaten, Kuningan.

(han)

Berita Terkait

Gunung Ciremai

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini