nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Hacker Resahkan Pangandaran, Korbannya Kebanyakan Tokoh Agama

Syamsul Maarif, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 00:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 19 525 1952892 aksi-hacker-resahkan-pangandaran-korbannya-kebanyakan-tokoh-agama-FQSw3AjpWW.jpg Ilustrasi

PANGANDARAN - Sejumlah akun Facebook milik nitizen di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat jadi korban aksi hacker atau peretas. Akun Facebook yang diretas tersebut rata-rata milik para tokoh agama dan tokoh masyarakat terkemuka di Kabupaten Pangandaran.

Salah satu Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran Nanang Nurholis menyesalkan kejadian tersebut. "Rata-rata akun Facebook yang di-hack melakukan aksi penipuan melalui messenger," kata Nanang.

Akun Facebook yang telah di-hack melakukan aksi penipuan ke berbagai teman melalui messenger meminta di isi pulsa senilai Rp100 ribu.

"Kami resah lantaran yang jadi korban rata-rata tokoh agama dan tokoh masyarakat," tambahnya.

Nanang menilai, aksi hacker sangat merugikan lantaran telah mencoreng nama baik dan wibawa juga citra pemilik akun. "Rencananya kami akan melakukan laporan ke Polres Ciamis dan meminta pelaku hacker ditindak sesuai aturan," papar Nanang.

Nanang menjelaskan, dampak aksi hacker tersebut banyak masyarakat yang jadi korban penipuan dengan memenuhi permintaan pengisian pulsa.

"Saat ini hasil inventarisir kami yang jadi korban mengisi pulsa ada 6 orang dengan pengiriman berpariatif hingga jika dijumlahkan mencapai Rp1 juta," jelasnya.

Keterangan Foto : Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran Nanang Nurholis

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini