nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mentan Resmikan Enam Politeknik Pertanian

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 12:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 19 65 1952573 mentan-resmikan-enam-politeknik-pertanian-ew1Fvzg0SE.jpg Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto: Okezone)

BOGOR – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali melakukan terobosan dalam mempercepat pembangunan pertanian berbasis teknologi dan generasi muda pertanian yang unggul serta inovatif.

Terobosan tersebut melalui transformasi lembaga pendidikan dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian ke Politeknik Pembangunan PertaniAn (Polbangtan). Launching Polbangtan ini dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Hadir Dirut Bulog Budi Waseso, perwakilan Kemenristek Dikti, Memenpan RB, Kementerian PU PR, Kemenpora, Kemendes, Kemensos, dan Bappenas serta perwakilan dunia usaha.

Audiensi MNC Pahlawan untuk Indonesia Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman 

Mentan Amran menekankan pembangunan Polbangtan tidak hanya dijadikan simbol, juga harus menjadi wadah yang mampu menciptakan generasi muda pertanian yang inovatif dan menjadi pelaku usaha.

Bahkan sebagai wadah lahirnya berbagai teknologi pertanian baru yang modern dalam meningkatkan produksi, nilai tambah, dan kesejahteraan petani. Sebab, tanpa teknologi, sektor pertanian tidak mungkin bisa maju dan bersaing dengan pertanian negara lain.

“Kami mimpikan Indonesia, khususnya sektor pertanian tidak lagi impor alat mesin pertanian. Kita harus produksi sendiri. Saya minta rancang model alat mesin pertanian modern.

Saya juga minta wajibkan seluruh profesor riset mengajar di Polbangtan agar menghasilkan generasi muda pertanian yang unggul dan bisa menghasilkan temuan teknologi pertanian yang baru,” ujar Amran pada launching enam Polbangtan se-Indonesia yang secara simbolis dilakukan di Polbangtan Bogor kemarin.

Audiensi MNC Pahlawan untuk Indonesia Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman 

Karenanya, Amran meminta agar Polbangtan harus bersinergi dengan Badan Litbang Pertanian dan berbagai lembaga riset, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan pihak Polbangtan agar melakukan studi banding kepoli teknik terbaik di dunia.

“Jika ingin wajah pertanian berubah, kita mulai dari Polbangtan ini. Polbangtan harus bersinergi dengan balitbangtan. Polbangtan harus bisa menghasilkan teknologi,” jelasnya.

Kepala Badan Pengembangan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPS - DMP) Momon Rusmono menjelaskan, launcing Polbangtan merupakan momentum bersejarah bagi dunia pendidikan pertanian lingkup Kementerian Pertanian.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini