Perindo Coret 2 Calon Legislatif Eks Koruptor

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 21 September 2018 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 21 606 1953587 perindo-coret-2-calon-legislatif-eks-koruptor-Yx2FqzOeZ6.jpg Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq (Fadel/Okezone)

JAKARTA – Partai Perindo mencoret dua calon legislatif (caleg) yang statusnya sebagai eks narapidana kasus korupsi yang sudah didaftarkan ke KPU. Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan langkah itu sebagai bentuk komitmen partai besutan Hary Tanoesoedibjo dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Kedua caleg yang dicopot Perindo adalah Smuel Buntuang dari daerah pemilihan Gorontalo 6 dan Zukfikri dari daerah pemilihan Pagar Alam 2.

“Kita sudah instruksikan untuk mencabut pada pengurus setempat dan kita sudah memberikan peringatan keras,” kata Rofiq kepada Okezone, Jumat (21/9/2018).

Ia berharap ke depannya proses pendaftaran caleg di KPU tak dilakukan secara serentak. Menurutnya, kalau pendaftarannya bertahap, semua level akan bisa melakukan pengawasan. Partai politik pun, lanjut dia, akan bisa melakukan pengawasan secara detail dari mulai tingkat pusat hingga kabupaten.

“Karena pengawasannya serentak maka partai tidak bisa mengendalikan apa yang dilakukan oleh tataran tingkat bawah,” ujarnya.

Menurut dia, lolosnya eks narapidana korupsi menjadi caleg di Pileg 2019 menjadi pelajaran pihaknya agar lebih teliti dalam memeriksa rekam jejak para calon wakil rakyat. Ia menegaskan kalau pihaknya selalu tegas, dimana menolak keberadaan mantan koruptor ada di dalam struktur kepartaian.

“Saya secara lebih awal menyampaikan permohonan maaf bila masih ada caleg yang terindikasi eks korupsi dan kasus lain, dan DPP tetap keras sekali anti korupsi,” pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini