nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Trik Menjaga Kesehatan Mental saat Musim Ujian

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Minggu 23 September 2018 08:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 22 65 1954232 6-trik-menjaga-kesehatan-mental-saat-musim-ujian-pEsLnFJusl.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Sebagai mahasiswa belajar mendekati waktu ujian dinilai bukan merupakan hal yang aneh. Meski cara belajar seperti ini kurang baik, banyak mahasiswa yang kerap melakukannya. Kalau sudah begitu, mau tidak mau kamu dituntut harus bisa menguasai materi dalam waktu yang singkat.

Kamu mungkin berpikir untuk terus mempelajari materi yang kamu pelajari semester ini hingga larut malam dan belum lagi kamu mempersiapkan kesehatan fisik dan mentalmu jangan sampai lelah dan

Melansir dari Hercampus.com, Minggu (23/9/2018), ada beberapa tips untuk membantu kamu mengoptimalkan kesehatan mentalmu di saat musim ujian.

1. Aturlah Pikiranmu

Buatlah sejenis agenda atau daftar jadwal belajar hingga pikiranmu supaya kamu tidak pusing memikirkannya sendiri, kemudian lingkarilah dimana tanggal-tanggal ujian. Supaya kamu bisa mengatur jadwal belajarmu dengan baik dan tidak kelelahan memikirkannya terus menerus.

Mahasiswa

Karena setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda, buatlah jadwal dengan teratur apabila ada tugas silahkan untuk di catat di agenda kamu. Ada banyak cara untuk mengatur jadwal belajarmu, yaitu :

- Daftar Catatan : Apabila kamu termasuk orang yang suka lupa, buatlah dalam catatan. Meskipun kamu mungkin tidak mudah cemas, situasi yang menegangkan saat ujian dapat membuat siapa pun lebih rentan terhadap tekanan mental.

Dengan membuat daftar catatan memungkinkan kamu untuk menjernihkan pikiran karena semuanya sudah tersimpan dicatetan.

- Peta konsep : Jika kamu memiliki subjek umum yang ingin kamu pelajari, tetapi kamu tidak yakin bagaimana atau apa yang harus kamu lakukan, buatlah peta pikiran supaya membantu dalam pembelajaran kamu. Misalnya membuat sketsa ilustrasi kasar tentang molekul (Prodi Bioteknologi) dan bisa juga membuat peta pikiran untuk rencana studimu kedepannya

- Penjurnalan : Penjurnalan adalah cara kreatif untuk mengeksplorasi pikiran dan agendamu. Karena hal ini menggunakan sisi artistik dari dirimu sendiri, ini juga berfungsi sebagai cara yang jitu untuk melatih diri semangat membaca ulasan materi yang sudah diajarkan dan tidak bersusah payah menyimpannya dalam otak.

Mahasiswa

- Catatan di kalender : Menyiapkan serangkaian kegiatan di kalender dapat memastikan kamu tetap berkomitmen dengan jadwal belajar. Selain itu, ini dapat membantu kamu mengubah jadwalmu apabila bentrok dengan aktifitasmu.

- T-chart : Seiring dengan membuat daftar belajar yang relevan, t-chart dapat membantu kamu lebih baik mengatur pemikiran kamu dan mempelajari daftar keinginan daftar keinginan dengan cara yang lebih positif. Pendekatan ini akan membantumu memberikan terobosan belajar yang baru dan akan membantu memotivasi kamu mengerti materi yang sudah diajarkan.

Meskipun demikian, daftar dan agenda belajar yan g paling terstruktur sekalipun tidak akan melindungi kesehatan mental dirimu sendiri.

2. Menghargai Diri Sendiri Atas Suatu Keberhasilan

Hargailah dirimu sendiri ketika kamu sudah berhasil melakukan sesuatu yang membanggakan, misalnya atas keberhasilan setelah ujian kamu mendapatkan nilai A. Manjakanlah dirimu dengan bepergian ke salon setelah pusing belajar seminggu, kemudian ajaklah makan-makan yang manis supaya terhindar dari stres yang berlebih, dan lakukanlah banyak hal supaya dirimu tidak stres sebelum dan sesudah ujian.

3. Hindari Rasa Takut Yang Berlebih

Jangan takut ketika sudah ada kertas soal di depan matamu, hadapilah dengan tenang dan berpikir positif supaya kamu bisa menjawabnya. Ingatlah semalam kamu sudah belajar mengulas materi ujian hari ini jangan sampai lupa karena rasa takut dan panikmu yang berlebihan. Kamu harus menggunakan kemampuan belajarmu sebagai titik awal untuk melihat cahaya yang lebih positif nantinya.

Mahasiswa

4. Jaga Pola Makan dan Berolahraga

Hindari makanan yang tidak sehat selama musim ujian. Jangan terlalu sering memakan gorengan karena banyak minyak kotor. Perbanyaklah minum air putih dan jangan lupa untuk meminum susu. Katanya susu ampuh menangani stres. Menurut sebuah artikel, susu dapat mengurangi kadar hormon adrenalin dalam darah.

Hindarilah camilan-camilan atau snack ringan karena akan membuatmu ketergantungan dengan makanan yang cepat saji. Apabila kamu mahasiswa rantau cobalah untuk belajar membuat camilan sehat seperti keripik bayam buatan sendiri dan camilan sehat lainnya.

Makan-makanlah yang sehat dan bergizi di saat musim ujian karena kamu memerlukan energi yang cukup menguras otak. Definisi makanan sehat itu terserah dirimu yang memutuskannya. Yang penting jangan sampai lupa makan dan minum vitamin jika dibutuhkan.

Setelah semua dilakukan, waktunya untuk berolahraga. Karena dengan berolahraga bisa mencegah stres, mengatur jadwal tidurmu dengan baik sehingga tidak tidur larut malam terus menerus yang akan membahayakan fisikmu.

5. Diskusikan Dengan Dosen Pembimbing

Berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu. Siapa tahu dospem mu membantu untuk menghilangkan stres dan kepanikanmu ketika menghadapi ujian dan memberikan solusi yang terbaik. Bicaralah apa yang kamu takuti ketika ujian, misalkan kamu belum mengerti salah satu materi di kelas.

Karena musim ujian adalah waktu yang sibuk bagi seorang dosen di kampus, lebih baik sebelum bertemu aturlah jadwal terlebih dahulu.

Mahasiswa

6. Sering-seringlah Beristirahat

Gunakan waktu luangmu dengan sebaik-baiknya. Kamu tidak boleh menggunakan waktu luangmu untuk melakukan sesuatu yang sama sekali tidak produktif.

Apabila kamu merasa lelah, beristirahatlah di rumah jangan memaksakan untuk pergi keluar dengan teman-temanmu. Cobalah untuk merelaksasikan pikiramu juga, misalkan dengan streaming drama Korea,dan film-film yang menghibur, belajar memasak dan membuat kue di dapur, dan membaca buku dengan topik-topik yang ringan.

Apapun cara untuk mengoptimalkan kesehatan mentalmu saat musim ujian yang paling penting ketahuilah bahwa nilai bukanlah satu-satunya ukuran keberhasilan akademis atau non akademismu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini