nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungi Mimika Papua, Dubes Amerika Banyak Belajar soal Kondisi Lingkungan

Saldi Hermanto, Jurnalis · Senin 24 September 2018 16:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 24 340 1954888 kunjungi-mimika-papua-dubes-amerika-banyak-belajar-soal-kondisi-lingkungan-coX8s9lbbM.jpg Dubes AS Joseph R Donovan Jr Kunjungi Mimika, Papua (foto: Saldi H/Okezone)

TIMIKA - Kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Joseph R Donovan Jr ke Kabupaten Mimika, Papua berlangsung sejak Jumat 22 September hingga Senin 24 September 2018. Dari kunjungannya kali ini, Donovan mengaku banyak belajar, terutama terkait kondisi lingkungan yang baru diketahuinya.

Kepada awak media di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) usai merampungkan seluruh rangkaian kunjungannya di Kabupaten Mimika, Senin (24/9/2018), Donovan mengatakan bersyukur mendapat kesempatan bertemu langsung pimpinan masyarakat maupun pejabat dan aparat penegak hukum di wilayah itu. Bahkan, ia juga mendapat kesempatan menyaksikan langsung operasi pertambangan PT Freeport Indonesia.

"Saya juga sangat terkesan dengan skala dan juga kompleksitas operasi Freeport, dan saya juga sangat terkesan bagaimana Freeport menjamin masa depan Indonesia selama beberapa dekade ke depan," ujar Donovan.

Saat berkunjung ke sejumlah tempat seperti ke area reklamasi lingkungan Freeport, institut Nemangkawi dan RSMM, Donovan pun merasa salut terhadap dukungan finansial yang diberikan Freeport kepada masyarakat Papua, hal itu dianggapnya sesuatu yang baik untuk masyarakat maupun pemerintah Indonesia sendiri.

"Saya juga belajar bahwa dari tahun 1992 sampai 2017, Freeport telah memberikan sumbangsih senilai lebih dari 23 triliun rupiah untuk pengembangan community, pengembangan masyarakat baik di Tembagapura dengan Timika. Juga sejak tahun 1992 sampai 2017 Freeport telah membayarkan uang senilai 256 triliun rupiah kepada pemerintah Indonesia baik dalam bentuk pajak, royalti dan juga deviden," ujarnya.

Tiga hari melaksanakan kunjungan di Mimika dan mendapatkan pelayanan yang baik, ia juga berterimakasih karena sudah diterima dengan baik. Bahkan, ia sempat meluangkan waktu untuk bertemu langsung dan berdiskusi bersama warga negara Amerika yang berkerja di area kontrak karya Freeport, sehingga bisa mendapat informasi bahwa warga Amerika sangat diterima oleh warga Indonesia, khususnya warga Papua.

"Terimakasih sudah menerima saya selama saya kunjungan disini. Saya kira saya bisa belajar lebih banyak mengenai kondisi lingkungan baik di Timika dan di Tembagapura," imbuhnya.

(fid)

Berita Terkait

papua

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini