nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa yang Terjadi Jika Bahan Bakar Euro4 Digunakan untuk Mobil Euro2

Mufrod, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 25 15 1955248 apa-yang-terjadi-jika-bahan-bakar-euro4-digunakan-untuk-mobil-euro2-D5C0PkzORU.jpg SPBU siapkan Bahan bakar euro4 (foto: Okezone)

JAKARTA - Bulan depan industri automotif nasional mulai memproduksi mobil dengan standar euro4, sebagai langkah mendukung kebijakan pemerintah dan penyetaraan kebutuhan produk ekspor.

Kebijakan pemerintah melalui peraturan Peraturan Menteri LHK No.P. 20 Tahun 2017, juga didukung dengan ketersediaan bahan bakar yang harus sesuai dengan mesin mobil standar euro4 untuk menghasilkan emisi yang sesuai dengan ambang batas aman yang telah ditentukan. Lantas bisakah bahan bakar euro4 digunakan untuk mobil euro 2?

 

Terkait hal tersebut Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), Tri Yuswidjajanto Zaenuri menegaskan, tak masalah untuk menggunakan bahan bakar euro4 untuk kendaraan euro2. Bahkan penggunaan bahan bakar tersebut, berdampak baik bagi kendaraan dan emisi yang dihasilkan.

Tak hanya itu, jelas Tri, kualitas bahan bakar Euro4 dengan tingkat kadar oktan lebih tinggi akan membuat performa kendaraan jauh lebih bagus. Karena proses pembakaran menjadi lebih baik, berkat tingkat sulfur yang rendah.

 

"Artinya bagi masyarakat yang selama ini memiliki kendaraan dengan standar Euro 2 tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan modifikasi. Apalagi terhadap performa kendaraan juga tidak ada pengaruhnya," pungkasnya.

Sebelumnya pemerintah telah mengatur standari emisi Euro4 melalui Peraturan Menteri LHK No.P. 20 Tahun 2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor roda 4 atau lebih Tipe Baru Katagori M, N dan O. Tertuang dalam pasal 2 ayat 1, setiap usaha dan/atau kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru, wajib memenuhi ketentuan Baku Mutu Emisi Gas Buang standar Euro 4.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini