nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berambisi Ikut CPNS 2018 sebagai Guru, Pahami 5 Hal Ini Dahulu

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 07:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 25 65 1955331 berambisi-ikut-cpns-2018-sebagai-guru-pahami-5-hal-ini-dahulu-zf6ddHmSZO.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Hidup itu penuh dengan keputusan. Salah satunya memutuskan apa yang harus dilakukan dalam hal karier ke depannya, salah satunya dengan mencoba peruntungan sebagai guru abdi negara alias PNS. Jika cita-cita Anda benar sebagai guru, mungkin hari ini adalah waktu yang tepat untuk mendaftar CPNS sebagai guru.

Jika kamu sudah yakin ingin berkarier di bidang pendidikan, berikut ini 5 tanda bahwa kamu sudah cocok menjadi seorang guru, seperti dilansir dari Collegecures.com, Rabu (26/9/2018).

1. Sabar

Menjadi seorang guru membutuhkan kesabaran, dan itu membutuhkannya kemampuan yang besar. Kesabaran merupakan kunci utama dan pertama ketika ingin menjadi guru yang profesional dan bisa diterima anak didik.

Guru-guru terbaik tahu bagaimana mengambil napas dalam ketika waktu sedang menguji kesabaran mereka. Mereka tahu bagaimana memberi kasih sayang dan nasihat kepada anak-anak tanpa adanya perbedaan.

Mereka juga tahu bagaimana bersabar dan mencoba metode yang berbeda dengan anak-anak sampai mereka mendapatkan hasil yang diinginkan. Lagi pula, tidak semua anak diciptakan sama dan sangat penting untuk mengenali ini.

2. Hargai Segala Proses hingga Sampai di Titik Ini

Memiliki kualitas untuk menjadi seorang guru tidak hanya berhubungan dengan peran itu sendiri tetapi hargailah segala proses hingga kamu sampai di titik tersebut.

Kebanyakan saat ini di Indonesia berstatus guru adalah seorang pegawai negeri sipil, maka dari itu kamu harus sabar menunggu pembukaan tes pns sesuai formasi guru atau tenaga pendidik yang dibutuhkan. Bisa juga kamu mendaftarkan di sekolah-sekolah swasta yang membutuhkan guru

 

(Feb)

3. Ukuran Gaji/Pendapatan

Untuk kamu generasi milenial memilih berkarier menjadi seorang guru biasanya menjadi hal yang kamu jalani setengah hati dengan alasan pendapatan. Jika kamu berniat menjalani profesi seorang guru kamu siap menerima segala risiko yang telah diambil.

Seorang guru harus dapat menerima hidup ini dengan apa adanya, dengan menerima kenyataan yang real, di Indonesia sendiri penghasilan seorang guru bisa dikatakan cukup. Dan jangan membanding-bandingkan hasil jernih payahmu dengan orang lain.

4. Bertanggung Jawab Atas Segala Risiko yang Telah Diambil

Bukti bahwa kamu sudah cocok menjadi seorang guru adalah kamu berani mengambil segala risiko yang akan terjadi dan hal itu sudah kamu pikirkan secara matang tanpa kamu berhenti ditengah jalan.

Karena sebagai seorang guru, dirimu adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan anak-anak mengembangkan dan mencapai pengetahuan yang mereka butuhkan. Selain itu pula kamu harus siap menerima segala ucapan baik dan buruk dari orang tua murid.

5. Siap Kehilangan Banyak Waktu

Memilih karier di dunia pendidikan dengan memilih profesi seorang guru mengartikan bahwa kamu sudah paham dengan segala komitmennya.

Untuk masalah waktu menjadi seorang guru akan menyita waktu pribadimu, misalnya untuk menyiapkan awal tahun ajaran baru, mengisi rapor murid-murid dan mengoreksi tugas-tugas. Untuk kamu calon guru yang suka pergi nongkrong di malam minggu dengan teman-temanmu, bukannya tidak mungkin hal itu terjadi tetapi itu akan menjadi sebuah rutinitas.

Berusahalah untuk mempunyai waktu yang fleksibel, di mana kamu bisa mengatur jadwal mengajarmu, liburan dan keluarga.

Jadi begitulah lima tanda di atas buktikan bahwa kamu sudah cocok menjadi seorang guru. Namun demikian, jika kamu dapat melihat dirimu dalam lima kualitas yang telah disebutkan di atas, ada peluang yang sangat tinggi bahwa ini adalah jalur karier yang sempurna untukmu.

(Feb)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini