nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Eksekusi Mati Pelaku Penyerang Sekolah yang Bunuh Sembilan Siswa SMP

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 15:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 27 18 1956388 china-eksekusi-mati-pelaku-penyerang-sekoah-yang-bunuh-sembilan-siswa-smp-Y7T9NjB3ZQ.jpg Zhao Zewei. (Foto: China Daily).

BEIJING – China mengeksekusi mati seorang pria pelaku pembunuhan sembilan siswa dalam serangan di sekolah menengah di Provinsi Shanxi April lalu. Sebanyak 11 siswa lainnya juga mengalami luka-luka akibat serangan yang dilakukan menggunakan pisau tersebut.

Zhao Zewei divonis mati pada Juli setelah dituduh melakukan pembunuhan karena menyerang 19 pelajar di dekat sekolah menengah di daerah Mizhi, Provinsi Shaanxi, barat laut China pada 27 April.

Berdasarkan pernyataan dari Pengadilan Menengah Kota Yulin yang dilansir Reuters, Kamis (27/9/2018), eksekusi mati terhadap Zhao dilakukan di Mizhi, Provinsi Shaanxi pada Kamis setelah menerima persetujuan dari Mahkamah Agung China.

Dalam catatan pengadilan disebutkan bahwa Zhao membawa pisau ke bekas sekolahnya untuk melampiaskan rasa frustasi dan kemarahan atas kemalangan dalam hidup dan penindasan yang dia alami saat bersekolah di sana. Namun, motifnya untuk mencabut nyawa orang lain adalah "tercela" dan metode-metodenya sangat kejam, sehingga mahkamah agung setuju untuk menjatuhkan hukuman mati.

Kejahatan yang kejam jarang terjadi di China dibandingkan banyak negara lain, sebagian dikarenakan kontrol senjata dan keamanan yang ketat di kota-kota besar. Beberapa tahun belakangan ini Negeri Tirai bambu telah menyaksikan serangkaian serangan pisau dan kapak, termasuk satu serangan yang terjadi tahun ini di Beijing.

Pemerintah China tidak mengumumkan angka resmi untuk jumlah orang yang dieksekusi mati setiap tahun. Kelompok-kelompok hak asasi manusia memperkirakan bahwa lebih banyak orang dieksekusi setiap tahun di negara itu daripada di semua negara di dunia lain digabungkan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini